Contoh Autobiografi Bahasa Sunda Lengkap dan Penjelasannya

contoh autobiografi dalam bahasa sunda

Sampurasun sadayana, daramang? Nah di tulisan kali ini Admin akan membahas Contoh Autobiografi Bahasa Sunda. Coba ada yang tahu apa itu autobiografi dan cara membuatnya? Autobiografi atau otobiografi adalah suatu karangan yang berisi riwayat hidup, pengalaman atau perjalanan diri sendiri dalam bentuk tulisan.

Di tulisan kali ini Admin akan membahasnya secara lengkap dalam bentuk Daftar Isi yang bisa dipilih supaya bisa loncat ke materi yang diinginkan, pembahasannya dari mulai Pengertian Autobiografi, Perbedaan Biodata, Biografi dan Autobiografi Atau Otobiografi, Contoh Autobiografi Bahasa Sunda dan terakhir Penutup.

Materi Contoh Autobiografi dalam Bahasa Sunda ini sangat bermanfaat karena autobiografi adalah upaya mengenalkan kisah hidup kita kepada orang lain, bisa juga untuk mengerjakan tugas sekolah atau keperluan-keperluan lain, tentu mengenalkannya menggunakan bahasa sunda halus atau lemes sehingga bisa dibaca dan diterima oleh orang lain dengan baik.

Tanpa panjang lebar, simak penjelasan lengkapnya di bawah yaa.


1. Pengertian Autobiografi


Autobiografi adalah suatu tulisan atau karangan yang berisi riwayat hidup, pengalaman atau perjalanan diri sendiri. Pada autobiografi ini biasanya berisi liku-liku kehidupan pribadi, semisal ketika melewati masa-masa sulit, kesedihan, kegagalan ataupun kebahagiaan dan prestasi. Secara sederhana bisa dikatakan bahwa autobiografi atau otobigrafi adalah kisah perjalanan dari masa kecil hingga sekarang yang ditulis oleh dirinya sendiri.

Kembali ke Daftar isi


2. Perbedaan Biodata, Biografi dan Autobiografi (Otobiografi)


Ada tiga istilah yang mungkin biasa keliru dalam mengartikan, yaitu istilah biodata, biografi dan autobiografi/otobiografi, kita bahas secara lengkap disini.

a. Biodata

Biodata adalah data diri seseorang.

b. Biografi

Biografi adalah tulisan yang menceritakan tokoh, perilaku, peristiwa dan masalah yang dihadapinya.

c. Autobiografi (Otobiografi)

Autobiografi atau otobiografi adalah riwayat hidup yang ditulis oleh dirinya sendiri.

Nah, dari pengertian di atas kita bisa ambil kesimpulan bahwa antara biodata, biografi dan autobiografi/otobiografi sebenarnya sama menceritakan diri dalam bentuk tulisan, tetapi biodata menceritakan diri seseorang, biografi menceritakan orang lain, dan autobiografi/otobiografi menceritakan diri sendiri.

Kembali ke Daftar isi


3. Contoh Autobiografi Bahasa Sunda


Di bawah ini adalah materi inti dari tulisan ini, yaitu Contoh Autobiografi Bahasa Sunda Singkat, Admin sertakan juga artinya dalam bahasa Indonesia biar jelas, simak pembahasannya di bawah yaa.

Asep

Tepangkeun nami abdi Asep Abdul Ghani, biasa dipanggil Asep. Abdi dibabarkeun di kota Ciamis dinten Rebo kaping 1 Januari taun 2003, yuswa abdi ayeuna 17 taun.
Perkenalkan nama saya Asep Abdul Ghani, biasa dipanggil Asep, saya dilahirkan di kota Ciamis hari Rabu tanggal 1 Januari tahun 2003, umur saya sekarang 17 taun.

Abdi mangrupikeun putra ka dua ti tilu sadérék ti pasangan bapa Agus sareng ibu Lilis, raka abdi istri namina Lia, anjeuna tos nikah sareng gaduh kulawargi alit, rai abdi pameget namina Jajang, anjeuna masih keneh sakola SD kelas 3.
Saya adalah anak ke dua dari tiga bersaudara dari pasangan bapak Agus dan ibu Lilis,kakak saya perempuan namanya Lia, beliau sudah menikah dan punya keluarga kecil, adik saya laki-lakai namanya Jajang, ia masih sekolah SD kelas 3.

Abdi dilahirkeun ti kulawargi anu sederhana, bumi abdi di Jl. Cihaurbeuti no. 1, RT 02, RW 03, Desa Padamulya Kecamatan Sukamulya Kabupaten Ciamis.
Saya dilahirkan dari keluarga yang sederhana, rumah saya di Jl. Cihaurbeuti no. 1, RT 02, RW 03, Desa Padamulya Kecamatan Sukamulya Kabupaten Ciamis.

Kapungkur abdi sakola di SD 01 Ciamis taun 2009 salami 6  taun, teras neraskeun ka SMP 01 Ciamis 01 taun 2015 salami 3 taun, sareng ayeuna abdi sakola di SMA 01 Ciamis kelas dua.
Dulu saya sekolah di SD 01 Ciamis tahun 2009 selama 6  tahun, lalu melanjutkan ke SMP 01 Ciamis 01 taun 2015 selama 3 taun, dan sekarang saya sekolah di SMA 01 Ciamis kelas dua.

Karesep abdi nulis, abdi sok ngiringan kana organisasi kepenulisan di sakola, sahingga nuju waktu SMP abdi pernah ngiring lomba nulis puisi, alhamdulillah abdi meunangkeun juara ka hiji.
Hobi saya menulis, saya sering mengikuti organisasi kepenulisan di sekolah, sehingga ketika SMP saya pernahmengikuti lomba nulis puisi, alhamdulillah saya memenangkan juara pertama.

Salian ti nulis, abdi ge resep kana olahraga, abdi sok ngiringan kagiatan-kagiatan olahraga anu diayakeun di kelas jeung sakola.
Selain menulis, saya juga suka olahraga, saya sering mengikuti kegiatan-kegiatan olahraga yang diadakan di kelas dan sekolah.

Cita-cita abdi hoyong janten penulis, ku kituna saatos lulus tidieu abdi hoyong neraskeun kuliah kana jurusan kepenulisan, atawa jurusan nu sanes tapi tetep ngembangkeun kamahiran nulis, sangkan janten penulis professional.
Cita-cita saya ingin menjadi penulis, oleh sebab itu sesudah lulus dari sini saya ingin melanjutkan kuliah di jurusan kepenulisan, atau jurusan yang lain tapi tetap mengembangkan kemahiran menulis, supaya jadi penulis professional.

Sakitu, saklias ngeunaan autobiografi pondok ti sim abdi, mudah-mudahan aya mangfaatna kangge sadayana.
demikian, seklias mengenai autobiografi pendek dari saya, mudah-mudahan ada manfaatnya untuk semuanya.

Kembali ke Daftar isi


4. Penutup


Demikianlah pembahasan mengenai Contoh Autobiografi Diri Sendiri dalam Bahasa Sunda, semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian yang sedang mencari dan membutuhkan materi ini. Perlu dicatat bahwa Contoh Autobiografi Bahasa Sunda Beserta Artinya di atas hanya sebagai contoh dan bukan patokan, jadi kalian bisa ubah sesuai selera dan keperluan, dalam artian kalian bisa menambah informasi autobiografi kalian, menguranginya atau bahkan mengubahnya.

Kalian juga bisa membaca Contoh Biodata Diri dalam Bahasa Sunda di tulisan di bawah ini:

Gimana, penjelasan yang Admin paparkan sudah jelas? Kalau masih ada yang belum jelas atau ada yang mau ditanyakan mengenai materi ini bisa komen di kolom komentar di bawah yaa.

Admin juga orang Sunda asli, jadi sedikit banyak Admin tahu bahasa-bahasa yang biasa di gunakan di masyarakat Sunda, sehingga materi di tulisan ini akan lebih kontekstual dan terpercaya. Admin tahu mencari materi-materi bahasa Sunda dirasa terkadang sulit oleh akibat sumber-sumber yang belum banyak tersedia di internet, beda dengan bahasa-bahasa lain yang sudah populer, penyebabnya tentu karena berbagai faktor, diantaranya orang-orang yang menggunakan bahasa Sunda tidak sebanyak pengguna bahasa-bahasa lain yang sudah populer, orang-orang yang mencari materi-materi bahasa Sunda juga tidak sebanyak yang mencari materi-materi bahasa lain yang sudah populer, sehingga banyak para kreator di internet kurang tertarik membahas materi atau pelajaran sekolah mengenai bahasa Sunda, memang karena bahasa Sunda adalah bahasa daerah artinya cakupannya tidak seluas bahasa-bahasa lain yang mendunia. Karenanya Admin berusaha memberikan materi ini sebaik dan selengkap mungkin.

Akhir kata, semoga tulisan ini bisa membantu dan memenuhi kebutuhan kalian baik untuk tugas sekolah atau yang lainnya, mohon maaf dari Admin bila ada penjelasan yang kurang tepat dan kurang berkenan bagi pembaca.
Kembali ke Daftar isi

0 Response to "Contoh Autobiografi Bahasa Sunda Lengkap dan Penjelasannya"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel