Inilah 7 Manfaat Belajar Bahasa Arab

manfaat belajar bahasa arab


Bahasa Arab adalah bahasa yang fasih, indah dan jelas, terlebih ia adalah bahasa yang kekal dengan adanya Al-Qu'ran yang menggunakan bahasa Arab yang tak akan lekang sepanjang zaman.

Tak mudah kita memahami makna yang termaktub dalam Al-Qur'an ini serta dapat  mendeskripsikannya dengan tepat dari bahasa Arab ke bahasa apapun, meski itu sudah ada berbagai terjemahan Al-Qur'an.

Tak heran makanya Allah memilih bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur'an, karena hanya bahasa Arablah yang mampu mendeskripsikan secara detail mengenai keindahan dan kedalaman makna yang Allah sampaikan dalam firman-Nya. Allah SWT. berfirman dalam surat Yusuf: 2, “Sesungguhnya Kami menurunkannya sebagai Al Qur’an dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya”.

Alasan-alasan itulah yang membuat orang terdorong untuk mempelajari bahasa Arab di berbagai belahan dunia. Ada banyak manfaat mempelajari bahasa Arab, diantaranya sebagai berikut:

1. Mudah Memahami Agama Islam


Seperti kita tahu bahwa sumber-sumber ilmu agama islam itu banyak ditulis dengan bahasa Arab, seperti kitab-kitab turats, kitab-kitab kuning dan kitab-kitab lainnya, tentu orang yang paham bahasa Arab dengan segala kaidah-kaidahnya akan memudahkan memahami apa yang terkandung dalam kitab-kitab tersebut.

2. Mudah Memahami Kandungan Al-Qur’an


Allah memilih bahasa Arab untuk Al-Qur’an, tentu banyak sekali alasan-alasan kenapa bahasa Arab yang dipilih, diantaranya karena bahasa Arab adalah bahasa yang fasih, jelas dan indah, kita dapat tahu hal ini jika kita mengetahui alat-alat untuk memahami keindahan bahasa Al-Qur’an, seperti nahwu balaghah ilmu lughah dll. Al-Qur’an adalah bahasa tertinggi dan paling indah.

Tentunya jika kita paham alat-alat untuk menggali Al-Qur’an tersebut termasuk mempelajari bahasa Arab dan memahaminya dipastikan akan dengan mudah memahami bahasa dan kandungan Al-Qur’an.

3. Mudah Memahami Bacaan Ibadah


Seperti kita tahu bahwa bacaan-bacaan ibadah itu menggunakan bahasa Arab, seperti wudhu, shalat, dzikir dll. dengan kita mempelajari bahasa Arab insyaAllah kita akan memahami makna dari bacaan-bacaan ibadah tersebut, jika kita sudah paham makna-makna bacaan tersebut insyaAllah kita akan lebih khusyu dalam beribadah.

4. Mencerdaskan Otak


Tahukah kalian bahwa belajar bahasa Arab dapat mampu mencerdaskan otak dan menajamkan dalam berpikir? Ya, ini benar sekali, Umar bin Khattab pernah berkata: “Pelajarilah bahasa Arab, sesungguhnya ini daat menguatkan akal dan menambah kehormatan”.

Alasannya memang kenapa? Para Ulama menganggap bahwa bahasa Arab ini memiliki susunan bahasa yang sangat indah dan serasi antar kalimat, hal inilah yang akan membuat orang dapat mengoptimalkan daya imajinasinya sehingga pikirannya akan tajam dan daya intelektualnya akan meningkat.

5. Memperbaiki Akhlak


Belajar bahasa Arab juga diyakini dapat mengubah akhlak seseorang menjadi lebih baik, hal ini disampaikan oleh Ibnu Taimiyah.

Ibnu Taimiyah pernah berkata bahwa perhatian akan bahasa Arab ini akan sangat berpengaruh bagi daya intelektualitas, moral dan agama seseorang. Orang yang mempelajari bahasa Arab juga akan mendapatkan dampak yang positif, sebab ia akan berusaha meneladani generasi awal umat Islam dari kalangan sahabat dan tabi’in, mereka adalah orang-orang shaleh dan baik akhlaknya.

6. Menentramkan Hati


Bahasa Arab adalah bahasa yang indah dan lembut, orang yang selalu bergelut dan mempelajarinya bisa membuat hati lebih tentram. Ibnu Katsir pernah menjelaskan bahwa sebab bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, jelas, luas kosakatanya dan banyak mengandung makna yang bisa menentramkan jiwa.

7. Mudah Mendapatkan Pekerjaan, Pendidikan dan Beasiswa


Orang yang belajar bahasa Arab dan memahaminya sampai ia terampil tentu akan sangat dibutuhkan oleh berbagai pihak yang terkait dengan bahasa Arab, sehingga ia akan mudah mendapatkan pekerjaan, misalnya menjadi penerjemah, guide berbahasa Arab, pembimbing haji dll.

Dan tentu juga akan mudah mendapatkan pendidikan dan beasiswa yang syarat mendapatkannya harus mahir dan terampil berbahasa Arab.

Nah demikianlan uraian mengenai manfaat belajar bahasa arab, dan juga tujuan mempelajari bahasa arab, semoga bermanfaat.

0 Response to "Inilah 7 Manfaat Belajar Bahasa Arab"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel