27 Syair Indah Bahasa Arab Tentang Wanita dan Artinya

syair bahasa arab tentang wanita


Syair Arab tentang Wanita - Sahabat tentu tahu betapa sulitnya memahami wanita, kebanyakan mereka dapat dengan cepat berubah-ubah perilaku sesuai emosi yang tengah dihadapinya.

Tetapi, ada hal-hal yang secara pasti sangat disukai dan sangat dibenci wanita, inilah Admin akan memaparkan kata mutiara bahasa Arab tentang wanita, yang tentu di dalamnya dimuat cara-cara memahami wanita.

Kata kata bahasa Arab tentang wanita ini juga cocok untuk diungkapkan dan sebagai pujian pada mereka, baik dalam bentuk puisi, sajak atau yang lainnya, karena berbicara tentang karakter perempuan, wanita solehah dan begitu juga kecantikan dan keindahan wanita.

Berikut di bawah ini Kata-kata Bahasa Arab tentang Wanita:

المَرْأَةُ هِـيَ رُوْحٌ تَحْتَــاجُ الإِهْتِمَــامَ قَبْـلَ أَنْ تَكُـوْنَ جَسَـدا.
Wanita ialah jiwa yang membutuhkan perhatian bahkan sebelum ia jadi jasad.


ﺍﻷُﻧْﺜَـﻰ ﻛَﺎﻟﻘَﻬْـﻮَﺓِ، ﺇِﺫَﺍ ﺃَﻫْﻤَﻠْﺘَـﻬَﺎ ﺃَﺻْﺒَﺤَﺖْ ﺑَﺎﺭِﺩَﺓً، ﺣَـﺘَّﻰ ﻓِﻲْ ﻣَﺸَﺎﻋِـﺮِﻫَﺎ.
Wanita itu seperti kopi, jika kau abaikan maka ia akan dingin, begitu pula rasanya.


قَــرَأْتُ كِتَــابَ الأَنُــوْثَـةِ حَـرْفًا حَـرْفًا، وَلَازِلْـتُ أَجْهَـلُ مَـاذَا يَـدُوْرُ بِـرَأْسِ النِّسَــاءِ
Saya telah baca buku-buku kewanitaan kata demi kata, namun saya senantiasa tidak tahu apa sebenarnya yang ada dalam kepala wanita


المَرْأَةُ الَّتِيْ لَا تَطْلُبُ شَيْأً هِيَ المَرْأَةُ الَّتِيْ تَسْتَحِقُّ كُلَّ شَيْءٍ. لكِـنْ لَا تَجْعَلُهَـا تَـنْـتَـظِرُ طَوِيْـلًا.
Wanita yang tak meminta apapun sebenarnya ia merupakan wanita yang berhak diberi apapun. Tetapi jangan sekali-kali membuat ia menunggu terlalu lama.


ﻋِﻨْﺪَﻣَﺎ ﺗَﺼْﻤُـﺖُ ﺍﻷُﻧْﺜَـﻰ ﺃَﻣَﺎﻡَ ﻣَﻦْ ﺗُﺤِﺐُّ، ﺗَﺄْﺗِـﻲْ ﺍﻟﻜَﻠِﻤَـﺎﺕُ ﻋَﻠَﻰ ﻫَﻴْﺌَـﺔِ ﺩُﻣُـﻮْﻉٍ.
Ketia wanita diam dihadapan orang yang ia cintai, kata-katanya akan datang berderai berbentuk air mata.


ﺍﻷُﻧْﺜَـﻰ ﻻ ﺗُﺮِﻳْﺪُ ﻣِﻨْﻚَ ﺍﻟﻤُﺴْﺘَﺤِﻴْـﻞَ، ﻫِﻲَ ﻓَﻘَـﻂْ ﺗُـﺮِﻳْﺪُﻙَ ﺃَﻥْ ﺗَﻜُﻮْﻥَ ﻣِﺜْﻞَ ﺍﻟﺮَّﺟُـﻞِ ﺍﻟَّﺬِﻱْ ﺗَﺘَﻤَﻨَّـﺎﻩُ ﺃَﻧْﺖَ ﻟِﺸَﻘِﻴْﻘَـﺘِـﻚَ.
Wanita itu tak menghendaki sesuatu yang tidak mungkin darimu, namun ia hanya menginginkan kamu bisa menjadi seperti seorang lelaki yang ia harapkan seperti dirimu (bersikap) terhadap saudarimu.


ﺍﻷُﻧْﺜَـﻰ ﻓِﻲ ﺍﻟﺒِﺪَﺍﻳَﺔِ ﺗَﺨَـﺎﻑُ ﺃَﻥْ ﺗَﻘْـﺘَﺮِﺏَ ﻣِﻨْﻚَ، ﻭَﻓِﻲ ﺍﻟﻨِّﻬَـﺎﻳَﺔِ ﺗَﺒْﻜِـﻲْ ﺣِﻴْﻦَ ﺗَﺒْﺘَـﻌِﺪُ ﻋَﻨْﻬَـﺎ. ﻗَﻠِﻴْﻞ ﻣَﻦْ ﻳَﻔْـﻬَﻤُﻬَﺎ.
Wanita itu pada awalnya merasa takut mendekatimu, namun pada akhirnya ia akan menangis ketika kau jauh darinya. Betapa sedikit orang yang memahami hal tersebut.



عَــقْـلَ المَــرْأَةِ إِذَا ذَبَــلَ وَمَـاتَ فَــقَدْ ذَبَـلَ عَـــقْـلُ الأُمَّـةِ كُلِّهَــا وَمَـاتَ

Jika akal wanita layu dan mati, maka sesungguhnya layu dan matilah akal seluruh umat.



المَـرْأَةُ كَالشُّعْلَـةِ إِذَا عَـرَفَ الرَّجُـلُ كَيْـفَ يُمْسِكُهَـا أَضَـاءَتْ لَـهُ طَرِيْقَـهُ، وَإِذَا أَخْطَـأَ فِيْ مَسكِهَـا أَحْرَقَـتْ يَـدَهُ
Wanita seperti halnya obor api, jika laki-laki tahu cara menggenggamnya ia akan menerangi jalannya, tetapi jika laki-laki salah dalam menggenggamnya ia akan membakarnya.


ﺍﻷُﻧْﺜَـﻰ ﺇِﻣَّﺎ ﻛَﻴْﺪٌ ﻋَﻈِﻴْـﻢٌ، ﺃَﻭْ ﺣُﺐٌّ ﻋَﻈِﻴْـﻢٌ، ﻭَﺃَﻧْﺖَ ﻣَﻦْ ﻳُﺤَـﺪِّﺩُ ﺃَﻳُّﻬَـﺎ ﺍﻟـﺮَّﺟُﻞَ، ﻓَﺈِﻥْ ﻣَﻜَﺮْﺕَ ﺑِﻬَـﺎ ﻣَﻜَـﺮَﺕْ ﺑِﻚَ، ﻭَﺇِﻥْ ﺃَﺣْﺒَﺒْﺘَـﻬَﺎ ﻋَﺸِﻘَـﺘْﻚَ.
Boleh jadi wanita itu tipuannya yang besar atau rasa cintanya menggelegar. Tetapi, dirimulah wahai lelaki yang menentukannya. Jika engkau berbuat muslihat kepadanya, maka ia pun akan membalas muslihatmu. Tetapi, jika kau mencintainya, maka ia akan lebih lebih mencintamu.



قُلْ لِلْمَرْأَةِ الخَرْسَاءِ سِرًّا سَتَجِدُهَا تَنْطِقُ

Berkatalah pada wanita bisu secara diam-diam, lalu kau akan dapati ia berbicara.


ﻧِﺼْﻒُ ﺟَﻤَـﺎﻝِ ﺍﻷُﻧْﺜَـﻰ ﻓِﻲْ ﺭُﺩُﻭْﺩِ ﺍﻓْﻌَـﺎﻟِﻬَـﺎ، ﺇِﺣْﻤِـﺮَﺍﺭِ ﺍﻟﺨَـﺪَّﻳْﻦِ، ﺇِﻟْـﺘِﻤَﺎﻉِ ﺍﻟﻌَﻴْﻨَﻴْـﻦِ، ﻭَﺿَﻴَـﺎﻉِ ﺍﻟﺤَـﺪِﻳْﺚِ ﻓِﻲْ ﺣَـﺮَﻛَﺔِ ﺍﻟﻴَـﺪَﻳْﻦِ ﺍﻟﻤﺘـﻌﺎﻧﻘـﺘﻴـﻦ ﺧَﺠَـﻼً.
Separuh kecantikan wanita terdapat di dalam perilakunya (cara ia merespon), rona pipinya yang kemerahan, kedua matanya yang berbinar dan saat kehabisan kata, ia menggerakkan kedua tangannya memeluk penuh rasa malu.


ﺗَﻌْﺸِـﻖُ ﺍﻷُﻧْﺜَﻰ ﻭَﺭْﺩَﺓَ ﺣَﻤْـﺮَﺍﺀ، ﺗَﺄْﺗِﻴْـﻬَﺎ ﻋَﻠَﻰ ﺣِﻴْﻦٍ ﻓَﺠْـﺄَﺓً، ﻭَﺗَﺮْﺿِﻴْـﻬَﺎ ﻓِﻲْ ﻟَﺤْﻈَـﺔِ ﻏَﻀَﺐٍ.
Wanita itu biasanya menyukai mawar merah, bawakanlah padanya secara tiba-tiba (sebagai surprise), maka ia pun akan ridha di kala ia murka.


لَمْ تُخْلَقِ المَرْأَةُ مِنْ رَأْسِ الرَّجُلِ لِكَيْ تَتَعَالى عَلَيْه، وَلَا مِنْ رِجْلِه لِكَي يَحْتَقِرُها، بَلْ خُلِقَتْ مِنْ ضَلْعِهِ لِتَكُونَ تَحْتَ جَنَاحِه فَيُرْحِمُها ويُحِبُّها ويُحْمِيْها
Wanita tidak dicipta dari kepala laki-laki agar ia merasa tinggi, tidak pula dicipta dari kaki laki-laki lalu ia merasa rendah diri, tetapi wanita dicipta dari tulang rusuk laki-laki yang terletak di bawah pundak laki-laki, maka semestinya ia disayangi, dicintai dan dilindungi


ﺑِﻘَـﺪْﺭِ ﻣَﺎ ﺗُﺤِﺐُّ ﺍﻷُﻧْﺜَﻰ ﻫِﻲَ ﺗَﻐَـﺎﺭُ، ﻟِﺬَﺍ ﺃَﻱُّ ﺃُﻧْﺜَـﻰ ﺗَﺠُﻦُّ ﻏِﻴْـﺮَﺓً، ﻫِﻲَ ﺗَﺠُـﻦُّ ﺣُﺒًّـﺎ.
Sebanyak wanita mencinta, sebanyak itu pula ia mencemburu. Karena itulah, setiap wanita yang tertutup akalnya karena terbakar rasa cemburu, sebanyak itu pula ia tertutup akalnya lantaran rasa cinta.


ﺍﻷُﻧْﺜَـﻰ ﺗُﺪَﺍﻭِﻱْ ﻭَﻫِﻲَ ﻣَﺤْﻤُـﻮْﻣَﺔٌ، ﻭَﺗُـﻮَﺍﺳِﻲْ ﻭَﻫِﻲَ ﻣَﻬْﻤُـﻮْﻣَﺔٌ، ﻭَﺗَﺴْﻬَـﺮُ ﻭَﻫِﻲَ ﻣُﺘْـﻌَﺒَﺔٌ، ﻭَﺗَﺤْـﺰَﻥُ ﻣَﻊَ ﻣَﻦْ ﻻ ﺗَﻌْـﺮِﻑُ، ﻭَﺗَﺒْﻜِـﻲْ ﻳَـﻮْﻡَ ﺯِﻓَـﺎﻓِﻬَﺎ، ﻓَﺎﺭْﻓﻘُـﻮْﺍ ﺑِﻬَـﺎ.
Wanita akan senantiasa mengobati meski demam melandanya, akan selalu menghibur meski ia berduka, akan tetap terjaga meski ia lelah, bahkan mampu bersedih dengan orang yang tak dikenalnya.  Ia pun menangis di hari pernikahannya. Maka bersikap lembutlah padanya.


ﺍﻷُﻧْﺜَـﻰ ﺗُﺤِﺐُّ ﻣﻴﺴـﻮﺭ ﺗَﻌَـﺎﻣُﻞٍ ﻛَﻄِـﻔْﻠَﺔٍ ﺩَﺍﺋِﻤًـﺎ ﻣَﻬْﻤَـﺎ ﻛَﺒـﺮَﺕْ
Wanita selalu senang diperlakukan dengan manja seperti anak kecil, sedewasa apapun dirinya.


ﻻ ﺗَﻄْـﺮُﻕْ ﺑَﺎﺏَ ﻗَﻠْﺐَ ﺍﻷُﻧْﺜَـﻰ، ﻭَﺃَﻧْﺖَ ﻻ ﺗَﺤْﻤِـﻞُ ﻣَﻌَﻚَ ﺣَﻘَـﺎﺋِﺐَ ﺍﻹِﻫْﺘِﻤَـﺎﻡِ
Jangan sekali-kali engkau mengetuk pintu hati wanita, sedang engkau tak membawa bingkisan perhatian.


ﻋﻨﺪﻣـﺎ ﺗﻐـﺎﺭ ﺍﻷﻧﺜـﻰ، ﺍﺭﺳﻢ ﻗﺒﻠـﺔ ﻋﻠﻰ ﻳﺪﻳـﻬﺎ، ﺩﻋﻬـﺎ ﺗﺸﻌـﺮ ﺑﺄﻧﻬـﺎ ﻧﻌﻤـﺔ ﻣﻦ الله ﻟﺪﻳـﻚ.
Ketika wanita dilanda rasa cemburu, lukiskanlah di atas tangannya sebuah kecupan, biarkan dia merasakan bahwa dirinya adalah karunia terbesar dari Allah untuk dirimu.


ﺍﻷﻧﺜـﻰ ﺍﻟﻬـﺎﺩﺋﺔ، ﺍﻟـﻨﺎﻋﻤﺔ ﺃﻛﺜـﺮ ﺿﺠﻴـﺠﺎ ﺑﻘﻠﺐ ﺍﻟـﺮﺟﻞ.
Wanita meski tampak kalem dan lembut, namun ia lebih sering menyebabkan kegaduhan di hati pria.


ﺍﻷﻧﺜـﻰ ﻭﺇﻥ ﻗﺴﺖ، ﻓﺈﻧـﻬﺎ ﻻ ﺗﺨﻠـﻮ ﻣﻦ ﻣﺸﺎﻋـﺮ ﺍﻟﻌﻄـﻒ، ﻭﺍﻟـﺮﺃﻓﺔ.
Wanita itu, meskipun ia keras (kemauannya), namun hatinya tak pernah kosong dari kelemahlembutan dan kasih sayang.


ﻭﻣﺎ ﺍﻷﻧـﺜﻰ ﺇﻻ ﻧﺒـﻀﮧ ﺷﻔـﺎﻓﮧ، ﺣﺴﺎﺳـﺔ، ﺗﺨﺸـﻰ ﺍﻟﻌﺘـﺎﺏ، ﻭﻳﺨﺠـﻠﻬﺎ ﺍﻟﻤـﻼﻡ، ﻓﺎﻧـﺘﺒﻪ ﻟـﻬﺎ ﻳﺎ ﻣﻦ ﺗﺤﺒـﻬﺎ.
Wanita itu ialah makhluk yang sangat lembut dan sensitif. Ia khawatir dicela dan tak tahan dicemooh. Karena itu perhatikanlah dirinya wahai orang yang mencintainya.


ﻻ ﻳﺤـﺘﻤﻞ ﺟﻨﻮﻥ ﺍﻷﻧﺜﻰ ﻭﻏﻴـﺮﺗﻬﺎ، ﺇﻻ ﺭﺟﻞ ﺃﺣﺒـﻬﺎ ﺑﺼـﺪﻕ.
Takkan ada yang mampu menanggung kegilaan dan kecemburuan wanita, kecuali seorang pria yang mencintainya dengan tulus (apa adanya).


ﻟﻴـﺲ ﻋﻴـﺒﺎ أﻥ ﻳﺘـﻌﻠﻢ ﺍﻟـﺮﺟﻞ ﻣﻦ ﻗﻠﺐ ﺍﻷﻧﺜـﻰ ﺷﻴﺌـﺎ ﻳﺠﻌﻠـﻪ ﺃﻛﺜـﺮ ﺇﻧﺴـﺎﻧﻴﺔ، ﻭﺭﻗﺔ.
Bukanlah suatu cela apabila seorang lelaki ingin mempelajari sesuatu yang akan menjadikannya lebih manusiawi dan berempati hamba Allah dari hati seorang wanita.


ﺍﻷﻧﺜـﻰ ﺗﺨﺸـﻰ ﺍﻟﺨﻴـﺎﻧﺔ، ﻭﺍﻟﻔﻘـﺪﺍﻥ، ﻭﺍﻟﻐﻴـﺎﺏ، ﻭﻻ ﺗﺴﺘـﻄﻴﻊ ﺑﺴﻬـﻮﻟﺔ ﻧﺴﻴـﺎﻥ ﻏﺎﺋـﺐ ﺃﺣﺒﺘـﻪ، ﺗﻈـﻞ ﺗﺮﺍﻗﺒـﻪ ﻣﻦ ﺑﻌﺪ.
Wanita itu takut dikhianati serta khawatir kehilangan dan ditinggalkan. Ia adalah makhluk yang tdk mudah melupakan sseorang yang ia cintai meskipun telah tiada. Ia akan terus mengawasi dari kejauhan.


ﻟﻸﻧﺜـﻰ ﺃﻥ ﺗﺮﺑـﻲ ﻃﻔـﻼ ﺑﻼ ﺃﺏ، ﻟﻜﻦ ﻻ ﻳﻤﻜـﻦ ﻟـﻠﺮﺟﻞ ﻣﻴﺴـﻮﺭ ﻳـﺮﺑﻲ ﻃﻔـﻼ ﺑﻼ ﺃﻡ
Wanita mampu mendidik anak tanpa ayah, namun tidak mudah bagi seorang pria membesarkan anaknya tanpa ibu.


وَطَنُ المَرْأَةِ زَوْجُهَا، لِذلِكَ أَيَّـتُهَا الأُنْثَى اِخْتَارِي وَطَنًا يَلِيْقُ بِكِ

Tempat tinggal wanita adalah suami, karena itu siapapun wanita hendaknya memilih tempat tinggal yang layak untuk kalian.

Dekmikian, uraian mengenai kata kata pujian untuk wanita dalam bahasa arab, kata kata mutiara bahasa arab untuk perempuan, semoga bermanfaat.

0 Response to "27 Syair Indah Bahasa Arab Tentang Wanita dan Artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel