Contoh Bahasa Sebagai Lambang (Linguistik)

contoh bahasa sebagai lambang

Dalam pembahasan kali ini akan dibahas mengenai contoh bahasa sebagai lambang dalam ilmu linguistik.

Jika kita mengatakan bahwa ide atau konsep untuk menyatakan adanya kematian dilambangkan dengan bendera kuning (Jadi, dalam bentuk benda), dan ide atau konsep keadilan sosial dilambangkan dengan gambar padi dan kapas (Jadi, dalatn bentuk gambar), maka lambang-lambang bahasa diwujudkan dalam bentuk bunyi, yang berupa satuan-satuan bahasa, seperti kata atau gabungan kata.

Mengapa kata, Sebagai satuan bahasa itu. disebut lambang, dan bukannya tanda? Karena lambang bersifat arbitrer. Lambang bahasa yang berwujud bunyi [kuda] dengan rujukannya yaitu seekor binatang beritaki empat yang biasa dikendarai, tidak ada hubungannya sama sekali, tidak ada ciri alamiahnya sedikit pun.

Begitu juga antara lambang bunyi [air] dengan rujukannya yaitu sejenis benda cair yang rumus kimianya H20 tidak ada hubungannya sama sekali. Tidak ada ciri-ciri alamiahnya.

Tidak sama dengan tanda "adanya asap" dengan "adanya api", sebab asap dihasilkan oleh api. Jadi, lambang- rambang bahasa yang berupa bunyi itu sejajar dengan lambang "kematian" yang berapa bendera kuning, atau lambang "asas keadilan sosial" yang berupa gambar padi dan kapas.

Mengapa lambang, "kematian" bukannya bendera merah, hijau, atau biru, dan mengapa lambang "keadilan sosial" bukannya berupa gambarmobil, rumah atau uang, semuanya itu adalah karena lambang itu bersifat arbitrer.

Demikian uraian singkat mengenai contoh bahasa berwujud lambang, semoga bermanfaat.

0 Response to "Contoh Bahasa Sebagai Lambang (Linguistik)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel