23 Manfaat Tomat untuk Kecantikan Wajah Kamu

manfaat tomat untuk kecantikan wajah


Tomat memiliki segudang manfaat dan khasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Selain digunakan sebagai bahan makanan, tomat memiliki manfaat untuk kecantikan kulit muka, karena tomat memiliki kandungan-kandungan yang baik yang mampu menjaga dan merawat kesehatan dan kecantikan wajah. Tomat juga sudah diakui sebagai bahan yang ampuh untuk merawat segala jenis masalah kulit, karenanya, tidak heran jika mengonsumsi dan menggunakan tomat akan membuat wajah Kamu sehat dan cantik.

Berikut di bawah ini beberapa manfaat tomat untuk kecantikan wajah

23 Manfaat Tomat untuk Kecantikan Wajah


1. Membuat kulit lebih bercahaya


Manfaat tomat bagi wajah sangat baik jika Kamu menggunakannya pada kulit.

Caranya, Kamu cukup mengoleskan sari tomat atau bisa langsung oleskan setengah buah tomat pada kulit. Cara ini akan meratakan warna kulit dan membuat kulit kembali bercahaya juga tampak sehat karena vitamin C yang terkandung di dalam tomat.

2. Menghaluskan kulit


Mengonsumsi buah tomat secara rutin dapat menghaluskan kulit. Selain mengonsumsinya, Kamu juga bisa membuat masker dari buah tomat dan putih telur untuk kehalusan kulit wajah,

Caranya Kamu cukup campurkan satu buah tomat yang sudah dihaluskan dengan satu sendok makan putih telur ditambah air secukupnya sehingga membentuk seperti pasta, lalu tinggal Kamu oleskan masker pada seluruh bagian wajah, biarkan iamengering, kalau sudah tinggal bilas wajah dengan air dingin.

Bisa juga dengan mencampurkan madu dengan jus tomat untuk membuat pasta kental, setelah jadi tinggal Kamu oleskan pada wajah dan cuci setelah 15 menit untuk mendapatkan kulit yang halus dan bercahaya.

3. Mencegah penuaan dini


Khasiat tomat untuk wajah bisa membuat kulit mampu menyerap oksigen dan juga mencegah tKamu-tKamu penuaan dini. Perawatan alami menggunakan buah tomat akan membuat kulit Kamu terlihat lebih awet muda dan sehat.

4. Mengatasi jerawat


Manfaat tomat juga bisa untuk mengatasi jerawat di wajah Kamu.

Caranya, Kamu cukup ambil satu buah tomat, lalu iris menjadi beberapa irisan, tempelkan irisan tomat tersebut pada wajah dengan ditekan sedikit, agar cairannya keluar dan dapat diserap oleh kulit wajah, lalu diamkan sampai terasa mengering. Sesudah itu bersihkan dan bilas wajah Kamu dengan air bersih. Lakukan perawatan ini dua kali sehari secara rutin sampai jerawat Kamu hilang.

5. Menghilangkan komedo


Tomat berkhasiat untuk menghilangkan komedo agar wajah Kamu kembali mulus.

Caranya, Kamu cukup membuat masker dari tomat lalu oleskan pada wajah. Pemakaian masker tomat yang rutin mampu menghilangkan komedo yang merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat pada wajah.

6. Mengecilkan pori-pori pada wajah


Kamu tahu kan bahwa pori-pori yang besar di wajah dapat memicu timbulnya jerawat. Nah, dengan rajin memakai masker dari tomat dan meminum jus tomat segar, pori-pori besar di wajah dapat mengecil.

7. Mendinginkan kulit


Kulit yang terpapar sinar matahari membuat wajah Kamu begitu panas, tomat menjadi obat yang ampuh mendinginkan dan menetralisirnya.

Caranya, Kamu tinggal kompres wajah Kamu menggunakan irisan buah tomat. Kamu cukup tempelkan irisan buah tomat pada wajah, lalu biarkan selama 10 menit. Setelah selesai bisa dibilas dengan air dingin.

8. Melindungi kulit dari radikal bebas


Kegunaan tomat untuk kecantikan wajah yang lain ialah mampu melindungi kulit dari paparan radikal bebas yang dapat merusak sel dan dapat membuat kulit cepat menjadi tua, karena kandungan tomat yang terdapat zat antioksidan di dalamnya.

9. Melindungi kulit dari sinar UV


Kita tahu, bahwa sinar UV (Ultra Violet) dapat merusak kolagen kulit. Rusaknya kolagen dapat menyebabkan keriput pada kulit wajah. Selain melakukan pencegahan luar dengan cara memakai tabir surya yang dioleskan pada wajah, megonsumsi buah tomat juga dapat melindungi kulit kita lho.

Manfaat tomat bagi kecantikan kulit ini dengan cepat membantu tubuh untuk mengganti sel-sel yang rusak dengan sel-sel baru. Sehingga kulit tetap kencang dan terhindar dari kerutan.

10. Membuat awet muda


Tomat berkhasiat membuat Kamu awet muda, konsumsilah buah tomat secara rutin, baik buah tomat yang masih segar ataupun yang sudah diolah menjadi jus. Kandungan lycopenen dalam tomat sangat bermanfaat bagi kecantikan kulit yang mampu menangkal radikal bebas dan mempercepat regenerasi sel, sehingga dapat membuat Kamu awet muda.

11. Menghilangkan kantung mata


Ada banyak hal yang menyebabkan timbulnya kantung mata. Diantaranya, timbul karena tekanan pada mata sehingga menyebabkan bagian bawah mata sedikit bengkak dan kelihatan berkantung. Adanya kantung mata membuat kita terlihat seperti baru bangun tidur, selain itu kita terlihat seperti sedang lesu dan letih, kurang nyaman kan?, Nah perawatan alami dengan buah tomat mampu menghilangkan kantung mata.

Caranya, Kamu cukup menempelkan irisan buah tomat pada mata Kamu yang lelah dan berkantung. Kamu juga bisa mengonsumsi buah tomat yang segar.

12. Mengatasi kulit berminyak


Wajah yang berminyak dapat mengakibatkan kulit wajah menjadi kusam, selain itu tentu kurang enak dipKamung. Nah, dengan menggunakan masker dari buah tomat secara rutin dapat mengontrol produksi minyak pada wajah Kamu.

13. Mencegah kerusakan sel


Kerusakan sel dapat mengakibatkan timbulnya kerutan di wajah. Dengan kandungan lycopene dalam buah tomat mampu mengatasi masalah rusaknya sel.

14. Mencegah kulit kekeringan


Tomat tidak diragukan lagi sangat baik untuk mengatasi masalah pada kulit. Kekeringan pada kulit wajah akan menyebabkan adanya flek-flek di wajah. Hal itu bisa di hilangkan dengan kandungan tomat yang baik untuk kulit, seperti kandungan zat besi, dan juga vitamin pada tomat.

15. Menyehatkan kulit kepala


Kegunaan tomat yang lain ialah dapat membuat kulit kepala yang sehat, sehingga rambut menjadi  tumbuh subur dan bercahaya. Konsumsilah tomat secara rutin, maka Kamu akan merasakan manfaatnya.

16. Menghilangkan ketombe


Ketombe bisa disebabkan karena adanya produksi minyak atau keringat pada kulit kepala. Kamu bisa oles pasta tomat dengan jus lemon pada kulit kepala, lalu diamkan selama 30 menit, setelah itu bilaslah dengan air.

17. Sunscreen alami


Banyak penelitian menyebutkan bahwa buah tomat begitu kaya akan antioksidan yang disebut lycopene. Antioksidan ini bekerja sebagai sunscreen alami sehingga mampu melindungi kulit dari sinar UV yang merusak kulit Kamu.

18. Pemutih alami


Manfaat tomat untuk kulit wajah diyakini sebagai bahan pemutih alami dan sangat membantu dalam memutihkan warna kulit.

Caranya Kamu tinggal siapkan 1 sendok teh oatmeal, 1 sendok teh yoghurt dan 2 sendok teh jus tomat, lalu campurkan semua bahan tersebut hingga menjadi pasta. Selanjutnya tinggal Kamu oleskan di wajah dan leher, biarkan selama 20 menit. Oatmeal akan mengelupas kulit Kamu dengan lembut, sementara yoghurt dan tomat akan membantu membersihkan noda dan meningkatkan warna kulitmu.

19. Mengobati kulit yang terbakar matahari


Karena tomat memiliki kandungan lycopene, ia dipercaya dapat meredakan efek paparan sinar UV dari matahari.

Caranya, Kamu tinggal oleskan jus tomat yang telah dicampur dengan butter-milk ke area kulit yang terbakar, setelah 30 menit tinggal Kamu bilas. Hal ini dapat meringankan luka bakar dan dapat membantu menyembuhkan belang pada kulit.

20. Mengelupaskan sel kulit mati


Tomat juga bermanfaat untuk mengelupaskan sel kulit mati.

Caranya, Kamu tinggal celupkan potongan buah tomat ke dalam mangkuk gula, lalu gosok wajah Kamu dengan lembut. Proses ini membantu Kamu dalam menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat kulit lebih bercahaya. Disarankan melakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu agar hasilnya maksimal.

Cara lain yang bisa Kamu praktekkan adalah dengan memblender  tomat dengan biji dan tambahkan 1 sendok teh gula ke dalamnya. Lalu oleskan hasil blender tersebut di wajah dan pijatlah dengan lembut dengan gerakan memutar.

Kamu juga dapat memotong 1 tomat menjadi 2 bagian dan tinggal taburi gula di atasnya. Lalu gosok kulit Kamu dengan lembut untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan mendapatkan kulit yang bersih dan juga segar.

21. Membersihkan kulit


Kegunaan tomat juga ampuh untuk membersihkan kulit Kamu.

Kamu tinggal campur tomat dan alpukat untuk membersihkan kulit secara teratur. Perawatan ini cocok bagi mereka yang memiliki kulit kombinasi. Alpukat memiliki sifat hydrating dan tomat memiliki sifat astringent yang alami, keduanya bekerja dengan baik dalam menutrisi kulit.

22. Meredakan stres


Ekstrak tomat sering digunakan sebagai minyak pijat bagi tubuh untuk melawan tKamu-tKamu penuaan pada kulit. Ekstrak tomat juga sering ditambahkan dalam produk krim mata yang fungsinya agar mata terlihat segar.

23. Mengurangi berat badan


Khasiat tomat untuk kesehatan juga yaitu dapat menurunkan berat badan, jus tomat diyakini membantu mengurangi nafsu makan, sehingga kan menyebabkan konsumsi makanan lebih rendah. Inilah manfaat tomat untuk diet. Selain itu juga, mengkonsumsi jus tomat dua kali sehari dapat membuat berat badan Kamu lebih baik dan dapat menghentikan proses fermentasi di usus, yang mana merupakan salah satu alasan untuk kenaikan berat badan.


Nah seperti itulah beberapa khasiat kegunaan dan manfaat jus tomat untuk kecantikan kulit muka, semoga bermanfaat.

0 Response to "23 Manfaat Tomat untuk Kecantikan Wajah Kamu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel