Contoh Karangan Bahasa Arab Tentang Tempat Wisata Bersejarah dan Artinya

karangan bahasa arab tentang tempat wisata

Assalamualaikum sahabat pecinta bahasa Arab, Admin kali ini akan membagikan cerita bahasa arab tentang tempat wisata.

Coba Admin mau tanya, kalian pernah wisata ke mana aja? jangan jauh-jauh, di Indonesia saja, karena Indonesia adalah bangsa yang besar dan kaya raya, termasuk juga dalam hal tempat-tempat wisata bersejarah.

Nah diantaranya yang akan Admin paparkan adalah wisata tempat bersejarah dan menarik di kota Jogjakarta dan Toraja. di Jogjakarta ada tempat bersejarah Keraton Yogyakarta, Monumen Kuno Kesultanan, Masjid Sultan, pabrik-pabrik perak dan pameran kain tradisional yang dikenal dengan “Batik”. Sekitar kota Jogjakarta juga ada Candi terkenal di dunia yaitu Candi Borobudur, ada juga Candi Prambanan dan Candi Mendut.


Di Toraja ada kuburan-kuburan kematian yang diukir di dinding tebing, dindingnya dibangun pada ketinggian yang sangat tinggi,  ia merupakan kuburan yang unik yang tak ditemukan di Indonesia selainnya, dan mungkin tak ditemukan di seluruh dunia.

Sebagai pembelajar bahasa Arab kalian tentu mesti mahir juga menceritakan lawatan ke tempat  wisata bersejarah dan menarik. Disini Admin paparkan contoh artikel bahasa arab tentang tempat wisata bersejarah.

Berikut di bawah ini Karangan Bahasa Arab Tentang Tempat Wisata:


مَعَالِمُ السِّيَاحَةِ وَالثَّقَافَةِ وَالطَّبِيْعِيَّةِ
(Tempat-tempat Wisata, Budaya dan Alam)

جُوْكْجَاكَرْتَا
عَرَفْنَا مِنَ التَّارِيْخِ أَنَّ مَدِيْنَةَ جُوْكْجَاكَرْتَا كَانَتْ مَشْهُوْرَةً فِيْ تَارِيْخِ اسْتِقْلَالِ بِلَادِنَا، إِذْ كَانَتْ جُوْكْجَاكَرْتَا عَاصِمَةَ إِنْدُوْنِيْسِيَا بَعْدَ اسْتِقْلَالِهَا فِيْمَا بَيْنَ عَامِ 1946 وَعَامِ 1949.
Yogyakarta
Kita tahu dari lembaran sejarah bahwa kota Yogyakarta terkenal dalam sejarah kemerdekaan bangsa kita, ketika Yogyakarta menjadi ibu kota Indonesia setelah kemerdekaan pada tahun 1946 dan 1949.

وَكَانَتْ هذِهِ المَدِيْنَةُ قَدِيْمًا عَاصِمَةً لِمَمْلَكَةِ (مَاتَارَام) الَّتِيْ يَرْجِعُ تَارِيْخُهَا إِلَى القَرْنِ العَاشِرِ المِيْلَادِيِّ. وَمِنْطَقَةُ جُوْكْجَاكَرْتَا مَعْرُوْفَةٌ بِاسْمِ "المُحَافَظَةِ الخَاصَّةِ" لِأَنَّهَا مَا زَالَتْ تَحْتَفِظُ بِمَظَاهِرِ السُّلْطَنَةِ القَدِيْمَةِ.
Di masa dahulu kota ini merupakan ibu kota kerajaan Mataram yang sejarahnya merujuk pada abad ke 10 M. Wilayah Yogyakarta dikenal dengan nama “Pelestarian Khusus ~ daerah istimewa” karena kota ini masih mempertahankan kesultanan masa lampau.


وَأَهَمُّ مَعَالِمِ السِّيَاحَةِ فِيْ جُوْكْجَاكَرْتَا قَصْرُ السُّلْطَانِ، نُشَاهِدُ فِيْهِ الآثَارَ القَدِيْمَةَ لِلسَّلْطَنَةِ. وَبَعْدَ ذلِكَ نَزُوْرُ مَسْجِدَ السُّلْطَانِ الَّذِيْ يَزِيْدُ عُمْرُهُ عَلى 500 عَامٍ، وَإِلَى جَانِبِ ذلِكَ نَزُوْرُ مَصَانِعَ الفِضِّيَّاتِ وَنَزُوْرُ مَعَارِضَ الأَقْمِشَةِ التَّقْلِيْدِيَّةِ المَعْرُوْفَة بِاسْمِ "البَاتِيْك".
Tempat wisata paling populer di Yogyakarta ialah Keraton Yogyakarta, di sana kita dapat menyaksikan Monumen Kuno Kesultanan. Setelah itu kita dapat mengunjungi Masjid Sultan yang berusia lebih dari 500 tahun, selain itu kita dapat mengunjungi pabrik-pabrik perak dan mengunjungi pameran kain tradisional yang dikenal dengan “Batik”.

نُغَادِرُ مَدِيْنَةَ جُوْكْجَاكَرْتَا إِلَى مَعْبَدِ بُوْرُوْبُوْدُوْر، يَقَعُ المَعْبَدُ عَلَى بُعْدِ 45 كِيْلُوْمِتْرًا تَقْرِيْبًا عَنْ جُوْكْجَاكَرْتَا، وَيَرْجِعُ تَارِيْخُهُ إِلَى القَرْنِ الثَّامِنِ المِيْلَادِيِّ. وَمَعْبَدُ بُوْرُوْبُوْدُوْر مِنْ أَشْهَرِ المَبَانِي القَدِيْمَة فِيْ العَالَمِ، وَهُوَ مَعْرُوْفٌ بِأَنَّهُ مِنْ عَجَائِبِ الدُّنْيَا السَّبْعَة. وَهُنَاكَ مَعَابِد أُخْرَى يُمْكِنُ أَنْ نَزُوْرُهَا مِثْلُ مَعْبَدِ بَرَامْبَانَان وَمَعْبَدِ مَنْدُوْت.
Kita beralih dari kota Yogyakarta ke Candi Borobudur, Candi ini terletak sekitar 45 km dari Yogyakarta, yang sejarahnya merujuk pada abad ke 8 M. Candi Borobudur merupakan salah satu bangunan kuno paling terkenal di dunia, ia dikenal karena ia termasuk dari deretan 7 keajaiban dunia. Di sana juga ada beberapa Candi yang dapat kita kunjungi, seperti Candi Prambanan dan Candi Mendut.


تُوْرَاجَا
تَقَعُ مِنْطَقَةُ "تُوْرَاجَا" فِيْ سُوْلَاوِيْسِيْ الجَنُوْبِيَّةِ، وَتُوْرَاجَا مَعْرُوْفَةٌ بِمَقَابِرِ مَوْتِهَا المَحْفُوْرَةِ فِيْ حَائِطٍ جَبَلِيٍّ، يَقُوْمُ الحَائِطُ عَلَى ارْتِفَاعٍ عَالٍ جِدًّا، وَهِيَ مَقَابِر فَرِيْدَةٌ لَا نَجِدُهَا فِيْ إِنْدُوْنِيْسِيَا سِوَاهَا، بَلْ رُبَّمَا لَا نَجِدُهَا فِي العَالَمِ كُلِّهِ.
Toraja
Wilayah Toraja terletak di Sulawesi Selatan, Toraja terkenal karena kuburan-kuburan kematiannya yang diukir di dinding tebing, dindingnya dibangun pada ketinggian yang sangat tinggi,  ia merupakan kuburan yang unik yang tak ditemukan di Indonesia selainnya, dan mungkin tak ditemukan di seluruh dunia.

وَقَدْ وَفَّرَتِ الحُكُوْمَةُ الإِنْدُوْنِيْسِيَّةُ لِلسُّيَّاحِ أَنْوَاعَ المَرَافِقِ وَالتَّسْهِيْلَاتِ السِّيَاحِيَّةِ مِثْل الفَنَادِقِ وَالطُّرُقِ المُعَبَّدَةِ وآلَاتِ المُوَاصَلَاتِ وَغَيْرِهَا.

Pemerintah Indonesia telah menyediakan berbagai fasilitas dan keperluan wisata bagi para wisatawan, seperti hotel, jalan yang beraspal, alat-alat transportasi dsb.

Demikian uraian mengenai cerita tempat wisata dalam bahasa arab, semoga bermanfaat.



Baca juga:

0 Response to "Contoh Karangan Bahasa Arab Tentang Tempat Wisata Bersejarah dan Artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel