15 Film Indonesia Terbaru dan Terbaik di Tahun 2019

Admin akan mengulas daftar film Indonesia terbaru dan terbaik yang tayang di tahun 2019 berdasarkan jumlah penonton terbanyak.

Ulasan mengenai film yang paling banyak ditonton adalah sesuatu yang dibutuhkan dalam rangka mencari film-film paling banyak digemari oleh masyarakat dan paling populer. Ada semacam garis lurus yang bisa dibentangkan bahwa apabila suatu film banyak penontonnya itu adalah bagian indikasi dari film yang bagus dan bahkan termasuk film terbaik.

Demikian halnya bagi para pecinta film-film Indonesia akan memburu disetiap tahunnya, karena film selalu bermunculan sepanjang masa dalam rangka memenuhi kebutuhan manusia akan hiburan. Di tahun 2019 pun tentu ada film-film terbaru dan terbaik yang akan Admin susun berdasarkan jumlah penontonnya. Admin mengambil referensi dari sumber yang kredibel, mesti suatu waktu dapat dimungkinkan jumlah penonton film yang satu akan mencuat ke atas dan yang lain akan merosot ke bawah.

Film-film terbaik 2019 ini lahir dari berbagai genre, ada yang romantis, drama, komedi, horor, sekolah, fiksi, fantasi dan yang lain-lain. Film-film yang memiliki rating film Indonesia tertinggi yang tayang di tahun 2019.

Di bawah ini adalah daftar Film Indonesia Paling Banyak Ditonton di Tahun 2019:

1. Dilan (1991)

Film Dilan edisi kedua ini diadaptasi dari Novel Bagian Kedua "Dilan, Dia adalah Dilanku".

Film ini menceritakan Dilan (Iqbaal Ramadhan) dan Milea (Vanesha Prescilla) yang resmi berpacaran pada 22 Desember 1990. Namun bukan tanpa kendala, ditengah kebahagiaan dan menggebu-gebunya cinta mereka, Dilan terancam dikeluarkan dari sekolah lantaran sebuah perkelahian dengan Anhar (Giulio Parengkuan).

Bukan hanya itu, Dilan juga semakin sering berkelahi dan mendapatkan banyak musuh, tentu Milea  sang pacar khawatir dengan masa depannya Dilan. Milea merasa sangat berhak melarang Dilan terlibat dalam geng motor.

Satu ketika, Dilan dikeroyok dan dihajar habis-habisan oleh orang yang tak dikenal. Akhirnya saat Dilan mengetahui siapa yang berbuat hal tersebut, ia merencanakan untuk balas dendam. Milea  sang pacar akhirnya memutuskan untuk meminta Dilan berhenti dari geng motor atau hubungan mereka berakhir sampai disitu. Dilan, yangnotabene seorang panglima tempur dan ketua geng motor, akan selalu terlibat banyak masalah. Di tengah terjadinya semua masalah itu, hadirlah Yugo (Jerome Kurnia), anak dari sepupu jauh ayah Milea yang baru saja pulang dari Belgia. Mereka sering menghabiskan waktu bersama-sama. Disinilah Yugo menyukai Milea. Dan Milea... hanya mencintai Dilan. Bagaimana yaa keseruan selanjutnya?

Detail data:
Produser: Ody Mulya Hidayat
Sutradara: Fajar Bustomi, Pidi Baiq
Penulis: Titien Wattimena, Pidi Baiq
Pemeran: Iqbaal Ramadhan, Vanesha Prescilla
Tanggal rilis: Kamis, 28 Februari 2019
Genre: Drama
Perusahaan produksi: Max Pictures, Falcon Pictures
Jumlah penonton: 5.252.422



2. Keluarga Cemara

Film ini merupakan adaptasi dari serial televisi dengan judul yang sama karya Arswendo Atmowiloto.

Film ini menceritakan Abah (Ringgo Agus Rahman) yang sangat ingin bertahan setelah rumah dan hartanya pasca disita oleh debt collector dalam rangka untuk membayar hutang perusahaan kakak iparnya, ia melakukannya dengan pindah secara sementara ke sebuah rumah di desa yang terpencil di Jawa Barat. Rumah itu adalah rumah masa kecilnya, sebuah rumah warisan dari ayahnya. Karena kasusnya kalah di pengadilan, keluarganya kini terancam hidup dalam kemiskinan di desa itu selamanya. Abah kini harus beradaptasi secara ekonomi bersama keluarga kecilnya tersebut, Emak (Nirina Zubir), Euis (Zara JKT48) yang beranjak remaja, akan mengalami menstruasi pada kali pertama juga cinta pertama; serta Cemara/Ara (Widuri Puteri) yang penuh semangat. Mereka juga mesti menghadapi masalah-masalah keluarga yang perlahan-lahan mengguncang prinsip mereka bahwa “harta yang paling berharga adalah keluarga.”

Detail data:
Produser: Anggia Kharisma, Gina S Noer
Sutradara: Yandy Laurens
Penulis: Gina S Noer, Yandy Laurens
Pemeran: Nirina Zubir-Ringgo Agus Rahman-Adhisty Zara-Widuri Puteri
Tanggal rilis: Thursday, 03 Januari 2019
Genre: Keluarga
Perusahaan produksi: Visinema Pictures
Jumlah penonton: 1.701.498



3. My Stupid Boss 2

Film ini diadaptasi dari novel yang berjudul sama.

Film ini menceritakan Bossman (Reza Rahadian) yang karena kekurangan karyawan pabrik ia berniat mencari karyawan baru di negara Vietnam. Berangkatlah si Bossman tersebut, Diana (Bunga Ctra Lestgari), Mr Kho (Chew Kin Wah), dan Adrian (Iedil Putra) ke Vietnam.  Di Vietnam alih-alih ia mendapatkan karyawan baru, mereka justru malah mendapatkan begitu banyak masalah-masalah karena ulah si Bossman tersebut: Bossman telah melanggar kesepakatan jumlah gaji yang membuat para calon pekerja Vietnam mengamuk; dan ditahanlah di kantor polisi. Sementara itu di Kuala Lumpur, Norahsikin (Atikah Suhaemi) dan Azahari (Iskandar Zulkarnaen) juga harus menghadapi masalah. Keduanya disandera oleh gangster sampai si Bossman mau melunasi hutangnya. Kali ini ulah Bossman membuat Diana dan kawan-kawannya geram dan berpikir untuk melakukan sesuatu. Bagaimanakah kisah selanjutnya?

Detail data:
Produser: Frederica
Sutradara: Upi
Penulis: Upi, Chaos@work
Pemeran: Reza Rahadian, Bunga Citra Lestari
Tanggal rilis: Kamis, 28 Maret 2019
Genre: Drama, Komedi
Perusahaan produksi: 
Jumlah penonton: 1.260.522



4. Preman Pensiun

Film ini diadaptasi dari serial televisi yang berjudul sama.

Film ini menceritakan Muslihat (Epi Kusnandar) yang setelah tiga tahun, bisnis kecimpringnya yang sudah pensiun sebagai preman, mengalami masalah. Penjualannya begitu menurun. Muslihat juga menghadapi masalah-masalah baru saat Safira (Safira Maharani), anak perempuan Muslihat satu-satunya, tumbuh remaja dan mulai didatangi lelaki. Masalah lebih besar datang yaitu masalah di antara mantan anak buah Muslihat.

Detail data:
Produser: Miftah S Yahya, Reggi Djundjunan
Sutradara: Aris Nugraha
Penulis: Aris Nugraha
Pemeran: Epy Kusnandar, Tia Arifin, Soraya Rasyid
Tanggal rilis: Kamis, 17 Januari 2019
Genre: Drama, Komedi
Perusahaan produksi: 
Jumlah penonton: 1.147.469



5. Orang Kaya Baru

Film ini menceritakan sebuah keluarga yaitu sang Ibu yang diperankan oleh Cut-Mini, Ayah yang diperankan Lukman-Sardi dan ketiga anak mereka yaitu Tika yang diperankan Raline-Shah, Duta yang diperankan Derby-Romero, dan Dodi yang diperankan Fatih-Unru yang mendadak kaya. Keluarga awalnya ini selalu menjalani kehidupan sehari-sehari mereka dengan serba apa adanya. Namun, ketika sang ayah meninggal, barulah diketahui bahwa selama ini ia ternyata orang yang sangat kaya raya. Hartanya diwariskan kepada keluarganya yang ia tinggalkan  Uang kaget tersebut kemudian digunakan oleh istri dan anak-anaknya. Mereka yang tadinya hidup susah, sekarang mereka membeli rumah, mobil hingga barang-barang mewah yang lainnya.

Detail data:
Produser: Sukhdev Singh, Wicky V Olindo
Sutradara: Ody C Harahap
Penulis: Joko Anwar
Pemeran:: Cut-Mini,- Lukman-Sardi,- Raline-Shah,-Derby-Romero,-Fatih Unru
Tanggal rilis: Thursday, 24 January 2019
Genre: Drama, Komedi
Perusahaan produksi: 
Jumlah penonton: 1.118.738



6. Yowis Ben 2

Film ini adalah cerita kelanjutan dari Yo Wis Ben 1 dimana Bayu (Bayu Skak) setelah diputuskan Susan (Cut Meyriska) ia dihadapkan pada naiknya harga kontrakan yang membuat dia, ibunya dan Cak Jon (Arief Didu) terancam diusir dari kontrakan tersebut. Untungnya Yowis Ben populer di Malang dan jadi satu-satunya harapan bagi Bayu dalam menyelesaikan persoalan keuangannya. Namun, celakanya masing-masing personil menyimpan masalah. Yayan (Tutus Thomson) menikah dengan Mia (Anggika Bolsterli); krisis keluarga Nando (Brandon Salim) karena ayahnya memutuskan untuk menikah lagi; dan Doni (Joshua Suherman) berambisi untuk punya pacar. Bayu memecat Cak Jon, lalu mempercayakan Yowis Ben kepada Cak Jim (Timo Scheunemann), yang mengklaim dirinya sudah membesarkan banyak artis nasional. Mereka pun hijrah ke Bandung. Tetapi kredibilitas Cak Jim mencurigakan dan Bayu juga harus meluluhkan hati bapak super galak karena dia jatuh cinta dengan Asih (Anya Geraldine) yaitu putrinya, bagaimana keseruan selanjutnya?

Detail data:
Produser: Chand Parwez Servia, Fiaz Servia
Sutradara: Fajar Nugros, Bayu Skak
Penulis: Bagus Bramanti
Pemeran: Bayu Skak, Joshua Suherman, Brandon Salim, Tutus Thomson, Anya Geraldine, Anggika Bolsterli, Devina Aureel, Laura Theux
Tanggal rilis: Thursday, 14 March 2019
Genre: Drama, Komedi
Perusahaan produksi: 
Jumlah penonton: 1.001.207


7. DreadOut

Film ini merupakan Adaptasi dari video game yang berjudul sama buatan Digital Happiness, Bandung. Game pertama buatan Indonesia yang diadaptasi ke layar lebar.

Film ini menceritakan Jessica yang diperankan oleh Marsha Aruan, Beni yang diperankan Irsyadillah, Dian yang diperankan Susan Sameh, Alex yang diperankan Ciccio Manassero, Erik yang diperankan Jefri Nichol, dan Linda yang diperankan Caitlin Halderman yang ingin meningkatkan kepopuleran mereka lewat rekaman petualangan mereka untuk diunggah ke akun sosial media mereka. Mereka lalu memilih pergi ke sebuah apartemen terbengkalai yang terkenal karena keangkerannya. Linda berhasil membujuk Kang Heri (Mike Lucock), satpam, untuk masuk apartemen tersebut. Linda dan kawan-kawan menemukan satu unit apartemen yang diberi tanda batas garis polisi. Karena terdorong oleh rasa penasaran, mereka lalu mendobrak pintu apartemen tersebut. Ketika mereka tengah meneliti kamar tersebut, mereka menemukan sebuah perkamen kuno yang hanya bisa dibaca oleh Linda. Setelah Linda berhasil membaca tulisan dalam perkamen tersebut, sebuah portal terbuka secara mendadak. Tanpa sengaja, Linda dkk. telah membuka pintu ke alam gaib dan membuat murka para makhluk supranatural penjaga portal tersebut.

Detail data:
Produser: Edwin-Nazir,-Wida-Handoyo,-Kimo-Stamboel,-Kwonsik-Kim,-Yeonu-Choi,-Justin-Kim,-Hyerim-Oh
Sutradara: Kimo Stamboel
Pemeran: Caitlin Halderman, Jefri Nichol
Tanggal rilis:  Thursday, 03 January 2019
Genre: Horor
Perusahaan produksi: 
Jumlah penonton: 831.150

8. Mata Batin 2

Film ini menceritakan Alia yang diperankan Jessica Mila yang Setelah adiknya meninggal, ia memutuskan untuk memulai hidup baru dengan tinggal di sebuah panti asuhan milik Bu Laksmi yang diperankan Sophia Latjuba dan Pak Fadli yang diperankan Jeremy Thomas sekaligus juga ia bekerja sosial di sana. Tetapi Alia merasakan ada yang janggal dengan panti asuhan tersebut. Terlebih Nadia yang diperankan Nabilah Ayu meruakan salah seorang anak panti asuhan yang ternyata juga ia memiliki mata batin yang terbuka seperti halnya Alia, yang bisa mendengarkan suara misterius yang meminta tolong dari seluruh dinding dalam rumah. Lalu Alia dan Nadia pun membuka satu kamar misterius yang terkunci. Sejak dari itulah malapetaka mulai terjadi. Ternyata Alia dan Nadia telah melakakukan kesalahan besar dan membebaskan Darmah (Hadijah Shahab), seorang arwah penuh dendam yang memang sengaja dikunci di kamar tersebut. Bersama dengan Bu Windu (Citra Prima), paranormal dan pembimbing mata batinnya, Alia harus menghadapi Darmah dan menyelamatkan panti asuhan tersebut.

Detail data:
Produser: Rocky Soraya, Ram Soraya
Sutradara: Rocky Soraya
Penulis: Riheam Junianti, Fajar Umbara, Rocky Soraya
Pemeran: Jessica Mila, Nabilah Ayu, Sophia Latjuba, Jeremy Thomas, Bianca Hello, Citra Prima
Tanggal rilis: Thursday, 17 January 2019
Genre: Horor
Perusahaan produksi: 
Jumlah penonton: 569.515


9. Foxtrot Six

Film ini menceritakan Pada masa depan, perubahan iklim membuat ekonomi dunia terbalik. Makanan menggantikan minyak sebagai komoditas paling berharga. Indonesia menjadi negara adikuasa ekonomi berikutnya, ketika pemerintahnya diambil alih oleh partai politik jahat:: Piranas. Angga Saputra Oka Antara), mantan marinir yang menjadi anggota parlemen dari Piranas, memiliki misi utama: menjaga moral dan kepatuhan rakyat, dan menghentikan kelompok pemberontak bawah tanah. Kelompok lain menyebut diri mereka Reformasi. Saat menjalankan tugasnya,Angga ditangkap oleh kelompok Reformasi. Angga bertemu tunangannya yang dianggapnya sudah mati, mantan jurnalis Sari Nirmala (Julie Estelle). Angga mengetahui bahwa Partainya berbohong: mengekspor banyak bahan makanan dengan mengorbankan rakyatnya sendiri. Ketika markas Reformasi diserbu, Angga tidak punya pilihan selain menyelamatkan Sari dan orang-orang lainnya dan melarikan diri. Angga bergabung dengan empat mantan rekan setimnya di Marinir: Oggi (Verdi Solaiman), Bara (Rio Dewanto), Ethan (Mike Lewis), dan Tino (Arifin Putra), ditambah pembunuh misterius, Spec (Chicco Jerikho). Keenamnya menemukan rencana jahat Piranas yaitu Operasi Bendera Palsu untuk melenyapkan sebuah Reformasi & simpatisan mereka. Keenamnya harus bekerja sama untuk menyelamatkan jutaan nyawa.

Detail data:
Produser: Andreas Ian Tika, Henry Djunaedi, Wanyi Pratiknyo, Randy Korompis
Sutradara: Randy Korompis
Penulis: Randy Korompis
Pemeran: Oka-Antara,-Chicco-Jerikho,-Rio-Dewanto,-Arifin Putra,-Mike-Lewis,-Verdi-Solaiman
Tanggal rilis: Thursday, 21 February 2019
Bahasa utama: Inggris
Genre: Action
Perusahaan produksi: 
Jumlah penonton: 557.863



10. Satu Suro

Film ini menceritakan Adinda (Citra Kirana)  yang sedang hamil besar baru saja pindah ke sebuah rumah yang letaknya agak jauh dari kota, bersama suaminya Bayu (Nino Fernandez). Namun, kejadian aneh terasa di rumah tersebut, Adinda sering diganggu mahluk halus dan sering berhalusinasi. Pada suatu hari Adinda merasakan ada kontraksi yang merupakan tanda akan segera melahirkan. Bayu langsung membawa Adinda ke rumah sakit terdekat. Dokter yang menanganinya mengatakan bahwa masih perlu waktu untuk kelahiran bayi mereka. Bayu memilih kembali ke rumah dan mengambil keperluan yang tertinggal. Pemandangan mengerikan terjadi saat Bayu kembali ke rumah sakit dan hanya menemukan sebuah bangunan tua kosong tak berpenghuni. Penduduk setempat mengakatan bahwa rumah sakit tersebut sudah tidak beroprasi semenjak 15 tahun lalu karena kebakaran, Dia terdengar suara-suara aneh, namun dia harus bertahan di sana untuk mencari istrinya yang akan segera melahirkan.

Detail data:
Produser: Manoj Punjabi
Sutradara: Anggy Umbara
Penulis: Anggy Umbara, Syamsul Hadi
Pemeran: Citra Kirana, Nino Fernandez, Alexandra Gottardo
Tanggal rilis: Thursday, 07 February 2019
Genre: Horor
Perusahaan produksi: 
Jumlah penonton: 400.318


11. Terlalu Tampan

Film ini merupakan Adaptasi dari komik daring di Line Webtoon yang berjudul Terlalu Tampan: Diary-Orang-Ganteng-karya-Muhammad-Ahmes-Avisiena-Helvin & Savenia Melinda Sutrisno (Mas-Okis dan SMS)

Film ini menceritakan Witing Tresno Jalaran Soko Kulino alias Mas Kulin (Ari Irham) yang terlalu tampan selalu menghindari masuk ke sekolah regular dan memilih menghabiskan hampir 100% hidupnya di dalam rumah. Hal itulah yg membuat ayahnya, Pak Archewe yang diperankan Marcelino Lefrandt, ibunya, Bu Suk yang diperankan Iis Dahlia, dan kakaknya, Mas Okis yang diperankan Tarra Budiman, merasa khawatir. Mereka menyusun skenario yang berhasil membuat Mas Kulin setuju untuk menghabiskan tahun terakhir masa SMA-nya di sekolah khusus pria, SMA Horridson. Ketampanan Mas Kulin terekspos ke dunia luar hingga hari-harinya berjalan tidak biasa: guru-guru wanita pingsan dan menjadi incaran siswi-siswi SMA BBM. Termasuk seorang gadis terlalu cantik: Amanda (Nikita Willy). Namun, di tengah semua itu, Mas Kulin menemukan Kibo (Calvin Jeremy) dan Rere (Rachel Amanda), yang membuatnya percaya bahwa masih ada orang yang dapat melihat dirinya apa adanya.

Detail data:
Produser: Nurita Anandia
Sutradara: Sabrina Rochelle Kalangie
Penulis: Nurita Anandia, Sabrina Rochelle Kalangie, Mas Okis, SMS
Pemeran: Ari Irham
Tanggal rilis: Thursday, 31 January 2019
Genre: Komedi
Perusahaan produksi: 
Jumlah penonton: 323.883


12. Tembang Lingsir

Film ini menceritakan Hidup Mala (Marsha Aruan) senantiasa berurusan dengan Tembang Lingsir, lagu yang diajarkan ibunya sejak kecil. Setelah ada sebuah insiden kebakaran yang misterius yang menewaskan ibunya, Mala kini kehilangan suaranya. Lalu kemudian Mala tinggal di rumah pamannya, Om Gatot yang diperankan Teuku Rifnu Wikana, & istrinya Tante Gladys yang diperankan Meisya Siregar bersama kedua anak mereka, Daisy yang dipernkan Aisyah Aqilah & adiknya, Ronald. Di rumah tersebut, juga ada Mbok Rahma yang mengurus keperluan mereka. Daisy, merasa terganggu dengan kehadiran Mala, sementara Ronald malah senang. Sejak kedatangan Mala, suasana rumah tidak lagi sama. Banyak kejadian aneh muncul. Mbok Rahma menuduh Mala penyebab semua kekacauan ini. Mala merasa ada rahasia besar di dalam rumah ini yang membuat semua teror tersebut muncul.Apalagi ketika dia mengetahui bahwa ternyata dia memiliki saudara kembar, yang tidak pernah dia kenal sebelumnya.

Detail data:
Produser: Dheeraj Kalwani
Sutradara: Rizal Mantovani
Penulis: Andhika Lazuardi
Pemeran: Marsha Aruan, Aisyah Aqilah
Tanggal rilis: Thursday, 31 January 2019
Genre: Horor
Perusahaan produksi: 
Jumlah penonton: 306.744

13. Pohon Terkenal

Di film ini diceritakan, sebagai taruna baru di Akademi Kepolisian Semarang, Bara Maulana (Umay Shahab), Ayu Sekarwati (Laura Theux) dan Johanes Solossa (Raim Laode) harus mengucapkan selamat tinggal kepada kehidupan remaja yang normal. Masa depan mereka kini tidak lagi menjadi milik sendiri. Siapa yang akan bertahan dan siapa yang akan menyerah? Terutama ketika cinta dan hati menjadi taruhannya.

Detail data:
Produser: Sumarsono, Hadi Aldjoeffry
Sutradara: Monty Tiwa, Annisa Meutia
Penulis: Lina Nurmalina, Monty Tiwa, Annisa Meutia
Pemeran: Umay Shahab, Laura Theux, Raim Laode
Tanggal rilis: Thursday, 21 March 2019
Genre: Drama
Perusahaan produksi: 
Jumlah penonton: 294.595

14. Antologi Rasa

Film ini merupakan Adaptasi dari novel yangberjudul sama.

Film ini menceritakan empat banker yang telah bersahabat selama bertahun-tahun: Harris (Herjunot Ali), Keara (Carissa Perusset), Ruly (Refal Hady), dan Denise (Atikah Suhaime), yang secara diam-diam ternyata saling mencintai. Harris yang cinta mati pada Keara; Keara yang percaya Ruly adalah belahan jiwanya; Ruly yang hatinya telah terpatri pada Denise; dan Denise yang telah menikah pada orang lain.

Detail data:
Produser: Sunil Soraya
Sutradara: Rizal Mantovani
Penulis: Ferry Lesmana, Donny Dhirgantoro, Ika Natassa
Pemeran: Herjunot Ali, Carissa Perusset, Refal Hady
Tanggal rilis: Thursday, 14 February 2019
Genre: Drama
Perusahaan produksi: 
Jumlah penonton: 242.528

15. Calon Bini

Di film ini diceritakan, karena ambisi dan keserakahan untuk menjadi kepala desa, Paklik Agung (Ramzi) memaksa Ningsih (Michelle Ziudith) untuk kawin dengan Sapto (Dian Sidik). Ningsih sendiri lebih memikirkan untuk bagaimana melanjutkan perkuliahnya, tetapi orangtuanya tdk mampu. Saat diputuskan Ningsih akan menikah, ia pergi ke Jakarta. Pak Lik Agung kalang kabut. Sapto setiap hari menangis. Ningsih lalu menemukan dukungan moral & akhirnya membuat ia jatuh cinta dg tokoh dalam dunia maya yang bernama "Jejak-Langkah". Ningsih bekerja pada Prawira (Slamet Rahardjo) dan Andini (Minati Atmanagara). Dalam keluarga ini hubungan mertua dan menantu tidak ada kecocokan. Satu-satunya yg cocok hnya Satria Bagus yang diperankan Rizky Nazar yang dikirim sekolah ke Kota London.

Detail data:
Produser: Sukdev Singh, Wicky V Olindo
Sutradara: Asep Kusdinar
Penulis: Titien Wattimena, Novia Faizal, Sukdev Singh
Pemeran: Michelle Ziudith, Rizky Nazar
Tanggal rilis: Thursday, 14 February 2019
Genre: Drama, Komedi
Perusahaan produksi: 
Jumlah penonton: 221.441

Begitulah sobat ulasan mengenai 15 film Indonesia yang paling banyak ditonton di tahun 2019, semoga menambah wawasan, ada rekomendasi film lain? komentar di bawah yaa.

0 Response to "15 Film Indonesia Terbaru dan Terbaik di Tahun 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel