Contoh Karangan Bahasa Arab Tentang Peranan Masjid dan Artinya

Artikel Bahasa Arab Tentang Peranan Masjid dan Artinya

Assalamualaikum sahabat pecinta bahasa Arab, kali ini Admin akan membagikan artikel bahasa Arab tentang peranan masjid.

Masjid merupakan tempat suci, sering disebut sebagai baitullah (rumah Allah), artinya masjid merupakan tempat sakral yang digunakan oleh kaum muslimimin sebagai tempat ibadah.

Sebagai pembelajar bahasa Arab kita mesti tahu apa saja peranan masjid tersebut, dan tentu mesti mahir membuat karangan bahasa arab peranan masjid.

Admin kali ini akan membagikan teks bahasa arab tentang masjid istiqlal, atau cerita bahasa arab tentang masjid istiqlal.

Jadikan teks atau artikel peranan masjid dalam bahasa Arab ini sebagai media pembelajaran bahasa Arabnya yaa khususnya qira'ah ataupun insya.

Berikut di bawah ini Cerita atau Karangan Bahasa Arab Peranan Masjid dan Artinya:


دَوْرُ المَسْجِدِ
(Peranan Masjid)

عَرَفْنَا أَنَّ المَسْجِدَ مَكَانُ العِبَادَةِ الَّذِيْ يُؤَدِّيْ فِيْهِ المُسْلِمُوْنَ شَعَائِرَ دِيْنِهِمْ، بَلْ كَانَ المَسْجِدُ مَقَرًّا لِلدَّعْوَةِ الإِسْلَامِيَّةِ وَخَاصَّةً التَّعْلِيْم.
Kita tahu bahwa masjid merupakan tempat ibadah yang dilakukan oleh umat muslim yang hal itu merupakan ritual agamanya. Bahkan masjid menjadi tempat dakwah keagamaan khususnya dalam bidang pembelajaran.

فَكَانَ جَامِعُ قُرْطُبَةِ بِالأَنْدَلُسِ – مَثَلًا – تُدَرَّسُ فِيْهِ العُلُوْمُ الدِّيْنِيَّةُ وَالعُلُوْمُ العَامَّةُ مِثْلُ الطِّبِ وَالرِّيَاضِيَّاتِ وَالطَّبِيْعَةِ وَالفَلَكِ. وَكَانَتِ الدِّرَاسَةُ فِيْ هَذا الجَامِعِ وَفِيْ غَيْرِهِ مِنَ المَسَاجِد فِي الأَنْدَلُسِ مَجَّانًا، أَيْ لَا يَدْفَعُ الطُّلَّابُ شَيْأً مِنَ الرُّسُوْمِِ بَلْ كَانُوْا يَحْصُلُوْنَ عَلَى الكُتُبِ وَعَلَى الطَّعَامِ وَالمَلَابِسِ.
Misalnya saja Masjid Jami’ Kordoba di Andalusia, disana dipelajari ilmu-ilmu keagamaan dan umum seperti kedokteran, matematika, alam dan astronomi. Belajar di masjid tersebut dan di masjid-masjid yang ada di Andalusia gratis, yakni tidak dipungut biaya, bahkan mereka diberikan buku, makanan dan pakaian.

وَلِلْمُسْلِمِيْنَ عِنَايَةٌ كَبِيْرَةٌ بِإِنْشَاءِ المَسَاجِد، لِذَا، نُشَاهِدُ فِيْ بِلَادِنَا كَثِيْرًا مِنَ المَسَاجِدِ بُنِيَتْ عَلَى أَحْسَنِ النُّظُمِ، وَزُيِّنَتْ جُدْرَانُهَا بِالآيَاتِ القُرْآنِيَّةِ، وَأُضِيْئَتْ بِالمَصَابِيْحِ الجَمِيْلَةِ، وَأُنْشِئَتْ لَهَا قُبَّةٌ كَبِيْرَةٌ وَمَآذِنٌ مُرْتَفِعَةٌ، كَمَا نُشَاهِدُهُ فِيْ مَسْجِدِ الاِسْتِقْلَالِ وَغَيْرِ ذلِكَ مِنَ المَسَاجِد الكَبِيْرَةِ فِيْ بِلَادِنَا.
Umat muslim mempunyai perhatian besar terhadap pembangunan masjid, oleh karenanya dapat kita lihat di negeri kita begitu banyak masjid yang dibangun dengan susunan yang bagus, dinding-dindingnya dihiasi dengan ayat-ayat Al-Qur’an, dan diterangi dengan lampu-lampu yang indah, dan lengkapi juga dengan kubah yang besar serta menara-menara yang tinggi, seperti dapat kita lihat pada Masjid Istiqlal dan masjid-masjid yang serupa di negeri kita.

أُنْشِئَ مَسْجِدُ الاِسْتِقْلَال عَلَى قِطْعَةِ أَرْضٍ تَبْلُغُ مِسَاحَتُهَا 12 هِكْتَارًا، وَالمَسْجِدُ تُحِيَطْ بِهِ حَدِيْقَةٌ كَبِيْرَةٌ وَسَاحَةٌ وَاسِعَةٌ تَتَّسِعُ لِثَمَانِمِائَةِ سَيَّارَةٍ.
Masjid Istiqlal dibangun pada sebidang tanah yang areanya mencapai 12 hektar dan dikelilingi dengan taman yang besar serta lapangan yang luas yang dapat memuat 800 mobil.

يَتَكَوَّنُ المَسْجِدُ مِنْ خَمْسَةِ أَدْوَارٍ: نَجِدُ فِي الدَّوْرِ الأَوَّلِ أَنْوَاعَ المَرَافِقِ العَامَّةِ وَهِيَ مَكْتَبَةٌ إِسْلَامِيَّةٌ وَالمَكَاتِب الإِدَارِيَّةَ وَنَجِدُ فِيْهِ المَرَاحِيْضَ، وَالحَمَّامَاتِ وَالحَنَفِيَّاتِ المُمْتَازَةَ المُخَصَّصَةَ لِلْوُضُوْءِ. وَنَجِدُ فِي الدَّوْرِ الثَّانِيْ سَاحَةً مَكْشُوْفَةً مَسَاحَتُهَا حَوَالَيْ ثَلَاثَةِ هِكْتَارَاتٍ تَجْعَلُ المَسْجِد تَتَّسِعُ لِمِائَةِ أَلْفِ مُصَلٍّ.
Masjid Istiqlal terdiri dari 5 lantai, di lantai pertama dapat kita temukan berbagai keperluan publik seperti perpustakaan keislaman, kantor administrasi, toilet, kamar mandi, kran yang bagus yang dikhususkan untuk berwudhu. Di lantai 2 dapat kita saksikan area terbuka sekitar 3 hektar yang membuat masjid dapat menampung 100.000 jamaah.

وَتَعْلُوْ المَسْجِدَ قُبَّةٌ كَبِيْرَةٌ، وَيَعْلُوْ القُبَّةَ هِلَالٌ يَبْلُغُ قُطْرُهُ 3 أَمْتَار وَيَنْتَهِيْ بِنَجْمَةٍ خُمَاسِيَّةٍ. أَمَّا المِئْذَنَةُ فَيَبْلُغُ ارْتِفَاعُهَا 6666 سِنْتِيْمِتْرًا، عَدَد يُسَاوِيْ عَدَدَ الآيَاتِ القُرْآنِيَّةِ.
Kubahnya yang besar melebihi tinggi masjid, dan hilal melebihi tinggi kubah yang teritorinya mencapai 3 meter dan berhenti pada kelipatan lima bintang. Adapun tinggi menaranya mancapai 6666 cm, jumlah yang sama dengan ayat Al-Qur’an.

Demikian uraian mengenai karangan bahasa Arab tentang peranan masjid dan artinya, semoga bermanfaat.

Baca juga:

0 Response to "Contoh Karangan Bahasa Arab Tentang Peranan Masjid dan Artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel