Artikel Bahasa Arab Tentang Peradaban Islam dan Artinya

Artikel Bahasa Arab Tentang Peradaban Islam dan Artinya

Teks Bahasa Arab tentang Peradaban Islam - Sebagai pelajar bahasa Arab khususnya dan sebagai umat Muslim pada umumnya kita mesti tahu akan sejarah peradaban Islam. Bahwa Islam pernah berjaya dan menguasai dunia, kala itu banyak lahir tokoh-tokoh Muslim baik sebagai filsuf, ilmuwan, dan insinyur yang menghasilkan banyak kontribusi terhadap perkembangan teknologi dan kebudayaan, baik dengan menjaga tradisi yang telah ada ataupun dengan menambahkan penemuan dan inovasi mereka sendiri.

Sejarah peradaban Islam dalam bahasa Arabnya adalah ( التاريخ الحضارة الإسلامية ) sedangkan sejarah kebudayaan Islam adalah ( التاريخ الثقافة الإسلامية ).

Materi peradaban Islam ini sering menjadi diskursus para pelajar baik siswa ataupun mahasiswa, dan masuk pada kurikulum pembelajaran bahasa Arab, tentu sebagai pelajar bahasa Arab mesti tahu materi materi yang berkaitan dengan peradaban Islam, baik itu kosakata, percakapan, cerita, karangan, pidato, makalah dan lain sebagainya.

Berikut di bawah ini Artikel Bahasa Arab tentang Peradaban Islam dan Artinya:

الحَضَارَةُ الإِسْلَامِيَّةُ بَيْنَ الأَمْسِ وَاليَوْمِ
(Peradaban Islam antara Dulu dan Sekarang)

أَنْزَلَ اللهُ القُرْآنَ عَلى رَسُوْلِهِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، هُدًى لِلنَّاسِ جَمِيْعًا، فَاحْتَاجَ المُسْلِمُوْنَ إِلَى قِرَاءَةِ هذَا الكِتَابِ الكَرِيْمِ وَفَهْمِ مَعَانِيْهِ، فَظَهَرَتْ عُلُوْمُ القِرَاءَاتِ وَعُلُوْمُ التَّفْسِيْرِ وَالتَّفْسِيْرُ وَعُلُوْمُ اللُّغَةِ العَرَبِيَّةِ. وَاحْتَاجَ المُسْلِمُوْنَ أَيْضَا إِلَى أَنْ يَفْهَمُوْا الشَّرِيْعَةَ، فَظَهَرَتْ عُلُوْمُ أُصُوْلِ الفِقْهِ وَالفِقْهُ وَقَدْ فَرَضَ القُرْآنُ عَلَى المُسْلِمِيْنَ أَنْ يَتَفَكَّرُوْا فِيْ أَحْوَالِ الكَوْنِ، وَبِهذَا اِهْتَمَّ المُسْلِمُوْنَ بِالعُلُوْمِ التَّجْرِيْبِيَّةِ فَظَهَرَتْ عُلُوْمُ الكِيْمِيَاءِ وَالفِيْزِيَاءِ وَالطِّبِّ وَالبِيُوْلُوْجِيَا وَمَا أَشْبَهَ ذلِكَ مِنَ العُلُوْمِ الطَبِيْعِيَّةِ.
Allah menurunkan Al-Qur’an kepada Rasul-Nya Muhammad SAW. sebagai petunjuk bagi seluruh manusia, dengan demikian umat muslim perlu untuk bisa membaca dan memahami maknanya, maka lahirlah ilmu-ilmu qira’at, ilmu-ilmu tafsir, tafsir dan ilmu-ilmu bahasa Arab. Umat muslim juga perlu untuk bisa memahami syari’at, maka lahirlah ilmu-ilmu ushul fiqih, fiqih, dan Al-Qur’an telah mewajibkan kepada umat muslim agar selalu bertafakur mengenai hal ihwal alam semesta, atas dorongan itulah umat muslim mengkaji ilmu-ilmu yang sifatnya eksperimen, maka lahirlah ilmu-ilmu kimia, fisika, kedokteran, biologi dsb.

وَظَهَرَ المَنْهَجُ التَّجْرِيْبِيُّ أَوَّلَ مَرَّةٍ فِيْ تَارِيْخِ الحَضَارَةِ البَشَرِيَّةِ عَلَى عُلَمَاءِ الإِسْلَامِ. وَاعْتُبِرَ جَابِرُ بْنُ الحَيَّان مِنَ الأَوَائِلِ الَّذِيْنَ أَدْخَلُوْا هذَا المَنْهَجَ فِيْ أَبْحَاثِهِمْ. وَكَانَ جَابِرٌ أَعْظَمَ الكِيْمِيَائِيِّيْنَ، وَمِنْ مُصَنَّفَاتِهِ فِي الكِيْمِيَاءِ: كِتَابُ الخَوَاصِّ وَكِتَابُ السَّبْعِيْنَ، وكُتُبٌ أُخْرى مَشْهُوْرَةٌ. هُوَ يَعْمَلُ صَيْدَلَانِيًّا فِي الكُوْفَةِ.
Dalam sejarah peradaban manusia metode eksperimen muncul pertama kali dipelopori oleh Ilmuwan-ilmuwan muslim. Jabir bin Hayyan dianggap sebagai salah satu diantara para pelopor yang menggunakan metode eksperimen dalam penelitian-penelitian mereka. Jabir bin Hayyan merupakan Kimiawan terbesar, diantara karya-karyanya mengenai Illmu Kimia adalah buku Khowas, buku Sab’in dan buku-buku terkenal lainnya. Dia bekerja sebagai ahli farmasi di Kufah.

وَاعْتُبِرَ اِبْنُ الهَيْثَم مِنَ الرُّوَّادِ الَّذِيْنَ أَسَّسُوْا المَنْهَجَ التَّجْرِيْبِيَّ فِيْ عِلْمِ الفِيْزِيَاءِ، فَهُوَ يُنْشِئُ عِلْمَ الضَّوْءِ. وَاشْتَهَرَ البَيْرُوْنِيُّ بِقِيَاسِ مَسَافَةِ الأَرْضِ، وَبَيَانِ كُسُوْفِ الشَّمْسِ، وَنَاقَشَ الأَدِلَّةَ عَلَى كُرَوِيَّةِ الأَرْضِ وَدَوَرَانِهَا حَوْلَ مِحْوَرِهَا وَحَوْلَ الشَّمْسِ، وَابْتَكَرَ مِرْصَادًا لِرَصْدِ الكَوَاكِبِ وَالنُّجُوْمِ. وَكَانَ اِبْنُ سِيْنَا أَوَّلَ مَنِ اسْتَعْمَلَ التَّخْدِيْرَ فِي الجِرَاحَةِ.
Ibnu Haitam dianggap sebagai salah satu diantara para pelopor yang mendirikan metode eksperimen dalam bidang ilmu fisika, ia menemukan ilmu cahaya. Al-Bairuni terkenal dengan penemuannya mengenai pengukuran jarak bumi, penjabaran gerhana matahari, membicarakan dalil-dalil bulatnya bumi, perputarannya pada porosnya serta mengelilingi matahari, dan menemukan pos observasi untuk mengamati planet dan bintang. Dan Ibnu Sina adalah orang pertama yang menggunakan anastesi (pembiusan) dalam proses operasi.

وَكَانَ اِبْنُ النَفِيْس أَوَّلَ مَنِ اكْتَشَفَ الدَّوْرَةَ الدَّمَوِيَّةَ وَبَيَّنَ حَرَكَةَ الدَّوْرَةِ الدَّمَوِيَّةِ فِي الرِّئَتَيْنِ وَفِي الجِسْمِ، وَاشْتَهَرَ كَذلِكَ بِتَشْرِيْحِ الجِسْمِ، وَهُوَ أَسَاسُ عِلْمِ التَّشْرِيْحِ. وَسَبَقَ كَذلِكَ عُلَمَاءُ الإِسْلَامِ فِي الرِّيَاضِيَّاتِ مِنْهُمْ اِبْنُ جَابِر البَتَّانِي وَمُوْسَى ابْنِ شَاكِر وَالبَيْرُوْنِيّ.
Ibnu Nafis merupakan orang pertama yang menemukan peredaran darah dan menjelaskan pergerakannya dalam dua paru-paru dan tubuh, ia juga terkenal dengan ilmu anatomi (pembedahan) tubuh, dan hal itu menjadi dasar ilmu anatomi. Dan Ilmuwan-ilmuwan Muslim juga telah terdahulu mengkaji bidang matematika diantaranya adalah Ibnu Jabir Al-Battani, Musa ibn Syakir dan Al-Bairuni.

هكَذَا كَانَ الإِسْلَامُ مِنْ أَقْوَى العَوَامِلِ عَلَى تَقَدُّمِ الحَضَارَةِ فِيْ مَيْدَانِ العُلُوْمِ المُخْتَلِفَةِ. وَهكَذَا تَقَدَّمَتِ الحَضَارَةُ الإِسْلَامِيَّةُ، فِي الوَقْتِ الَّذِيْ كَانَتْ فِيْهِ أَوْرُبَّا فِيْ ظَلَامِ الجَهْلِ، فِي الوَقْتِ الَّذِيْ يُسَمَّى بِالقُرُوْنِ الوُسْطَى. وَاليَوْمَ نُشَاهِدُ كَثِيْرًا مِنَ الدُّوَلِ الغَرْبِيَّةِ مِثْلُ أَمْرِيْكَا وَأَوْرُبَّا لَهَا سَيْطَرَةٌ عَظِيْمَةٌ عَلَى الدُّوَلِ الإِسْلَامِيَّةِ وَغَيْرِهَا مِنَ الدُّوَلِ فِي العَالَمِ فِيْ جَمِيْعِ مَيَادِيْنِ الحَيَاةِ الاِقْتِصَادِيَّةِ وَالسِّيَاسِيَّةِ وَالاِجْتِمَاعِيَّةِ، أَيْنَ نَحْنُ المُسْلِمُوْنَ اليَوْمَ مِنْ هؤُلَاءِ الغَرْب؟
Demikianlah Islam menjadi salah satu faktor terkuat dalam memajukan peradaban dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, demikian pula peradaban Islam menjadi maju, dimana ketika peradaban bangsa Eropa berada dalam masa kegelapan, dan ketika kala itu disebut dengan abad pertengahan. Hari ini kita banyak menyaksikan negara-negara Barat seperti Amerika dan Eropa memiliki kekuasaan yang besar atas negara-negara Islam dan negara-negara lainnya dalam berbagai bidang kehidupan, baik ekonomi, politik maupun sosial, dimana eksistensi kita sekarang sebagai muslim atas perlakuan orang-orang Barat tersebut?

Sumber teks Arab: Buku Bahasa Arab, Ahmad Hidayat, S.Ag.

Kalian bisa juga membaca materi materi yang berkaitan dengan peradaban Islam di bawah:

    Atau bisa membaca artikel-artikel berbahasa Arab lainnya, seperti:
    Demikian uraian mengenai teks bahasa arab tentang sejarah peradaban islam, peradaban islam bahasa arab kelas 12, semoga bermanfaat.

    0 Response to "Artikel Bahasa Arab Tentang Peradaban Islam dan Artinya"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel