Contoh Karangan Bahasa Arab Tentang Hobi Membaca dan Artinya


Assalamualaikum sahabat pecinta bahasa Arab semuanya, pernah dengar ungkapan yang masyhur ini "Buku merupakan jendela dunia"? yaa, ungkapan itu sangat tepat sekali karena buku memuat berbagai ilmu pengetahuan dan wawasan, bergembiralah kalian yang punya hobi membaca, karena dengan membaca hakikatnya kamu sedang berupaya mengikis kebodohan dan mempertebal ilmu-ilmu pengetahuan. Karena itu kali ini Admin akan memberikan contoh karangan bahasa Arab tentang hobi, yaitu membaca, atau juga cerita pendek mengenai hobi membaca.

Berikut di bawah ini Karangan Bahasa Arab tentang Hobi Membaca dan Artinya:


أَنَا أَحْمَد وَلِيْ هِوَايَاتٌ مِنْهَا القِرَاءَةُ، رَبَّى وَالِدَانِ لِيْ حُبَّ القِرَاءَةِ مُنْدُ صِغَارٍ، وَفِيْ بَعْضِ الأَحْيَانِ أَمَرَانِيْ وَأَجْبَرَانِيْ القِرَاءَةَ إِمَّا قِرَاءَةَ الكُتُبِ الدِّرَاسِيَّةِ أَوِ العَامَّةِ، فَأَحْمَدُ اللهَ تَعَالَى لِأَنَّ بِذكَ يَجْعَلُنِيْ القِرَاءَةَ عَادَةً حَتَّى الآنَ.
Saya Ahmad, saya mempunyai banyak hobi diantaranya ialah membaca, saya dididik sejak kecil oleh orang tua saya agar gemar membaca, kadang suatu waktu mereka memerintah dan memaksa saya untuk membaca, baik buku pelajaran atau buku-buku lainnya, dan alhamdulillah sampai sekarang hal itu menjadi kebiasaan.

أَنَا أُحِبُّ كَثِيْرًا القِرَاءَةَ، أَقْرَأُ كُلَّ كِتَابَةٍ كَتَبَهَا المُؤَلِّفُ فِيْ كُتُبِهِ دِرَاسيّةً كَانَتْ أو عامةً مِثْل مجلّاتٍ أو أَقْوَالٍ أَوْ غَيْرِهَا مِنَ الكِتَابَةِ المَزِيَّةِ.
saya senang sekali membaca, saya baca setiap tulisan yang di tulis oleh pengarang buku, baik itu buku pelajaran, buku umum seperti koran, esai  dan lain sebagainya.
فِيْ وَقْتِ العُطْلَةِ شَغَلَ أَصْدِقَائِيْ لِلْبَحْثِ عَنْ مَكَانَاتِ اللُّعْبَةِ، فَأَمَّا أَنَا إِسْتَمْتَعْتُ بِالقِرَاءَةِ إِمَّا فِيْ البَيْتِ أَوْ فِيْ الخَارِجِ، فَلِمَ إِذَا قَرَأْتُ الكِتَابَ فِيْ مَكَانٍ ضَيِّقٍ وَسِعَ مَكَانُهُ فَجْأَةً.
Pada waktu libur teman-teman sibuk mencari tempat bermain, sedangkan saya lebih senang membaca baik di rumah ataupun di luar, entah kenapa setiap saya membaca di ruang sempit tiba-tiba ruangan itu menjadi luas.


وَكَذلِكَ حِيْنَمَا كُنْتُ فِيْ المَدْرَسَةِ، إِذَا حَانَ وَقْتُ الإِسْتِرَاحَةِ خُذْتُ بَعْضَ وَقْتِهَا لِلذِّهَابِ إِلَى المَكْتَبَةِ لِلْقِرَاءَةِ.

Begitupun ketika di sekolah, ketika waktu istirahat tiba saya selalu menyempatkan waktu untuk pergi ke perpustakaan untuk membaca.
بِالقِرَاءَةِ أَعْرِفُ خَزَائِنَ العُلُوْمِ المُتَـنَوِّعَةِ، وَالأَخْبَارَ، وَمَعْلُوْمَاتِ العَالَمِ، وَأَنْمَاطَ الحَيَاةِ وَغَيْرَ ذلِكَ مِنْ نَتَائِجِ القِرَاءَةِ الَّتِيْ فَتَحَتْ أَفْكَارِيْ وَزَادَتْ مَعَارِفِيْ.
Dengan membaca saya menjadi tahu berbagai khazanah ilmu pengetahuan, berita, informasi dunia, gaya hidup dan berbagai hal lainnya yang dapat membuka pikiran dan menambah wawasan saya.

وَبِحُبِّ القِرَاءَةِ أُوَفِّرُ مَصْرُوْفَ الجيْبِ فِيْ كُلِّ أُسْبُوْعٍ، حَتَّى إِذَا جَمعَتْ النُّقُوْدُ وَكَفتْ لِشِرَاءِ الكِتَابِ، أَذْهَبُ إِلَى المَكْتَبَةِ وَأَشْتَرِيْ الكِتَابَ الَّذِيْ أُحِبُّهُ فَقَرَأْتُهُ.
Oleh karena saya senang membaca, saya selalu menyisihkan uang jajang setiap minggunya hingga apabila uang itu sudah terkumpul dan cukup untuk membeli satu buku saya pergi ke toko buku dan membeli buku yang saya sukai, lalu saya membacanya.
كَذلِكَ أُحِبُّ عَدِيْدًا القِرَاءَةَ لِأَنَّهَا تُعْطِيْ الفَوَائِدَ إِمَّا لِلنَّفْسِ أَوِ الآخَرِ.

Demikian saya begitu cinta akan membaca, karena membaca banyak memberi manfaat baik untuk diri sendiri ataupun orang lain.

0 Response to "Contoh Karangan Bahasa Arab Tentang Hobi Membaca dan Artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel