Artikel Bahasa Arab Tentang Psikologi Dan Artinya


Assalamualaikum sahabat pecinta bahasa Arab kali ini Admin akan memberikan Contoh Artikel Bahasa Arab tentang Psikologi dan Artinya yang Admin terjemahkan sendiri dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia, mudah-mudahan tulisan kali ini dapat meningkatkan kemampuan qira’ah kita.

Berikut uraiannya:
[Untuk memperjelas gambar tinggal klik gambarnya]



Ilmu Psikologi
Ilmu Psikologi mengkaji gejala-gejala jiwa yang nampak pada manusia, perilakunya, sebab-sebabnya serta upaya mengubah atau memperbaiki hal-hal tersebut dengan melakukan perbandingan antara perilaku yang normal dan perilaku yang sakit, serta memberikan solusi bagi masalah-masalah individu sehari-hari. Dalam tulisan ini kita akan membahas pentingnya Ilmu Psikologi dan ruang lingkupnya yang bermacam-macam.


Pentingnya Ilmu Psikologi
Ilmu Psikologi memiliki urgensi yang besar dalam kehidupan individu dan masyarakat yang begitu beragam, diantara ialah:
1. Mengontrol dan memprediksi perilaku individu.
2. Mengkaji berbagai perilaku manusia dan hewan.
3. Membantu individu dalam memilih pola berpikir.
4. Membantu pelajar dalam mengatur waktu belajar dan mengais ilmu pengetahuannya dengan cara yang benar, serta membantu individu dalam mengatur pola kehidupannya sehari-hari.


5. Mengkaji peraturan-peraturan yang ada dan penafsirannya yang dapat berpengaruh pada perilaku individu, memprediksi perilaku tersebut serta memperbaiki perilaku yang dianggap menyimpang.
6. Membangun jalinan yang dapat saling menghormati antara individu dan masyarakat.
7. Memberi penugasan ensiklopedi psikologi di dalam lapangan pembelajaran, seperti adanya buku-buku, metodologi dan media pembelajaran yang beragam.

Ruang Lingkup Ilmu Psikologi
Ruang lingkup Ilmu Psikologi jumlahnya banyak yang berbeda satu sama lainnya, diantaranya:
1. Ilmu Psikologi Umum, ilmu ini merupakan suatu pendekatan yang dianggap pokok terhadap seluruh ilmu psikologi. Ilmu ini mengkaji prinsip-prinsip dan aturan-aturan yang khusus pada perilaku manusia yang sudah balig dan berakal. Prinsip Ilmu ini mengekstraksi tabiat-tabiat manusia.
2. Ilmu Psikologi Jiwa, ilmu ini mengkaji prinsip-prinsip psikologi terhadap perilaku manusia seperti yang berkenaan dengan syaraf dan fungsi-fungsinya, mamahami bagaimana terbentuknya sebuah perasaan, memahami perpindahan kecenderungan syaraf, serta bagaimana mengendalikan pikiran terhadap suatu perasaan dan tindakan seseorang yang dipahami dari pengaruh kelenjar endokrin terhadap suatu perilaku.


3. Ilmu Psikologi Heterogenitas, ilmu ini mengkaji perbedaan-perbedaan individu, masyarakat, keturunan dan ras, serta mengetahui sebab-sebab, bagaimana terbentuknya dan faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan tersebut. Ketahui juga bahwa ilmu ini anut pada sebagian standaritas untuk menakar intelejensi dan kemampuan pikiran.
4. Ilmu Psikologi Anak, ilmu ini mengkaji tahapan-tahapan perkembangan anak yang beragam, karakteristik yang menjadi pembedanya, dan faktor-faktor yang mempengaruhi proses perkembangannya. Selanjutnya, kajian ini ikut berpartisipasi pada pengetahuan yang dapat mempermudah cara interaksi orang tua kepada anak-anaknya.


5. Ilmu Psikologi Sosial, ilmu ini mengkaji hubungan individu dengan masyarakat dan masyarakat dengan masyarakat lain, dari sisi pemeliharaan individu terhadap masyarakat, pengaruh sistem masyarakat dan budaya sekitar, serta pengorientasian dan keyakinan individu. Begitu juga ilmu ini mengkaji pandangan mentalitas umum.
6. Ilmu Psikologi Terapan, ilmu ini mengkaji pengimplementasian aturan-aturan ilmu psikologi dalam berbagai bidang kehidupan yang beragam, dengan cara membagi pada enam keilmuan, yaitu ilmu psikologi industrial, perang, kriminalitas, perdagangan dan klinik.

Demikian uraian mengenai Contoh Artikel Bahasa Arab tentang Psikologi dan Artinya, semoga bermanfaat, dan bila terdapat terjemahan-terjemahan yang tidak pas bisa perbaiki dengan komentar di bawah ya sahabat.

Baca juga artikel bahasa Arab lainnya: 
Rujukan bahasa Arab: http://mawdoo3.com/

0 Response to "Artikel Bahasa Arab Tentang Psikologi Dan Artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel