Artikel Bahasa Arab Tentang Pentingnya Membaca



Assalamualaikum sahabat pecinta bahasa Arab kali ini Admin akan memberikan Contoh Artikel Bahasa Arab Tentang Pentingnya Membaca yang Admin terjemahkan sendiri dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia, mudah-mudahan tulisan kali ini dapat meningkatkan kemampuan qira’ah kita.

Berikut uraiannya:




Pengertian Membaca
Membaca atau dalam bahasa Arabnya Al-Qira’ah terambil dari kata Qara’a Yaqra’u Qiraatan, seperti Qara’a As-Syaia yakni Nutqhu bima Ihtawa (mengucapkan sesuatu yang terkandung), dan seperti Iqtara’a Al-Kitaba yakni Nutqhu bima Kutiba bih (mengucapkan sesuatu yang tertulis). Perlu diketahui bahwa membaca merupakan hal paling penting yang membedakan seseorang dengan yang lainnya di masyarakat, masyarakat yang gemar membaca merupakan masyarakat yang maju, berbudaya dan berpengetahuan, tidak mungkin suatu masyarakat dapat maju, berhasil, makmur dan meningkat tanpa membaca, mengkaji dan berpikir. Membaca diantara sebab paling penting suatu masyarakat bisa maju, yaitu masyarakat yang maju baik dalam hal ekonomi, industri maupun pengetahuan.



Pentingnya Membaca
Membaca mempunyai urgensi yang besar dalam hidup kita, ia merupakan dasar pengetahuan, sebagaimana halnya ia merupakan kunci bagi pelakunya untuk membuka berbagai pintu pengetahuan, tidak ada pengetahuan tanpa membaca, di bawah ini diantara pentingnya membaca:
1. Membaca dan menulis dianggap sebagai dasar dan kunci pengetahuan.
2. Membaca dianggap sebagai sebab utama kenalnya seorang hamba kepada Allah SWT. dan mengetahui hukum-hukum serta kefarduannya.
3. Membaca membantu pelakunya dapat memelihara bumi, karena ia merupakan jalan dalam mempelajari ilmu-ilmu yang bersangkutan.


4. Membaca dapat membantu mengetahui berita-berita dan keadaan-keadaan yang terjadi pada umat terdahulu.
5. Membaca dapat membuahkan hasil keterampilan dan pengetahuan bagi pelakunya.
6. Membaca dapat membantu pelakunya mengetahui berbagai kemanfaatan dan bahaya-bahaya dalam kehidupan.
7. Membaca dapat membuahkan akhlak yang terpuji dan perilaku yang benar bagi pelakunya.
8. Membaca menjadi sebab dapat ganjaran dan pahala dari Allah SWT. terutama membaca Al-Qur’an dan buku-buku yang dapat memberi manfaat bagi orang lain.
9. Membaca dapat membantu pelakunya memberi ketenangan bagi jiwanya dan menyibukkan dengan hal yang bermanfaat, disini terkumpul antara kenikmatan dan belajar.


10. Membaca dianggap sebagai perantara utama terciptanya produk dan prestasi akal manusia, oleh karenanya suatu bangsa yang maju selalu ditandai dengan penduduknya yang gemar membaca, segaimana halnya pemimpin bangsa ialah bangsanya yang gemar membaca.
11. Mambaca dianggap sebagai jalan terciptanya temuan dan Inovasi, diantaranya kita sering melihat kreator, penulis dan seniman.
12. Membaca dapat meningkatkan standar pemikiran dan kognisi manusia.
13. Melawan orang yang mengharuskan taklid buta, orang yang gemar membaca akan membaca lalu memberi penerangan hidup, pemahamannya lebih luas ketimbang yang tidak membaca, karena ia mengambil pelajaran dari pengalaman orang lain dan yang telah lalu. Oleh karena itu tujuan utama musuh adalah adalah menebarkan kebodohan terhadap bangsa-bangsa dan melemahkan minat bacanya.






Baca juga artikel bahasa Arab lainnya: 

0 Response to "Artikel Bahasa Arab Tentang Pentingnya Membaca"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel