Artikel Bahasa Arab Tentang Pendidikan Islam Dan Artinya


Assalamualaikum sahabat pecinta bahasa Arab kali ini Admin akan memberikan Contoh Artikel Bahasa Arab Tentang Pendidikan Islam dan Artinya yang Admin terjemahkan sendiri dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia, mudah-mudahan tulisan kali ini dapat meningkatkan kemampuan qira’ah kita.

Berikut uraiannya:

مفهوم التربية

(Pengertian Pendidikan)

Kita sering mendengar istilah pendidikan atau dalam bahasa Arabnya ialah At-Tarbiyyah, At-Tarbiyyah menurut bahasa terambil dari kata kerja Rabaa-Yarbuu yang bermakna Zaada wa Namaa (bertambah dan berkembang). Begitu juga At-Tarbiyyah merupakan bentuk mashdar dari kata kerja Rabbaa-Yurabbii yang bermakna Nasya’a wa Namma (menumbuhkan dan mengembangkan). Kesimpulannya At-Tarbiyyah/pendidikan menurut bahasa ialah An-Numuw wa At-Tansyiah wa Az-Ziyadah (perkembangan, pertumbuhan dan bertambah).


Adapun menurut istilah, pendidikan ialah setiap aktifitas, usaha dan upaya yang dilakukan seseorang yang dapat berpengaruh pada pembentukan pribadinya, tabi’atnya, pergaulannya dan penyesuaian dirinya terhadap lingkungan dimana ia hidup dan berinteraksi dengan sekitarnya baik secara positif ataupun negatif. Sebagaimana halnya pendidikan banyak mempengaruhi faktor-faktor yang bisa mempengaruhi seseorang baik secarang langsung ataupun tidak langsung. Para Ahli Pendidikan dan Ilmu Sosial memandang bahwa pendidikan berkembang dan berubah seiring dengan perkembangan zaman dan tempat.


مفهوم التربية الإسلاميّة
(Pengertian Pendidikan Islam)



Pendidikan Islam ialah sistem pendidikan yang menyeluruh yang menjadikan seseorang utuh baik agama ataupun dunianya berlandaskan syari’at Islam yaitu yang merujuk pada Al-Qur’an dan Al-Hadits. Konsep pendidikan Islam dianggap suatu konsep yang mencakup atas pendidikan seseorang akan agama Islam.


أهداف التربية الإسلاميّة

(Tujuan Pendidikan Islam)



1. Membentuk kepribadian islami yang beriman kepada Allah SWT. yakni menyakini bahwa Allah-lah yang menciptakannya untuk beribadah, menjadikannya khalifah di muka bumi guna memakmurkannya dan mencegah kerusakannya, menapaki jalan kebenaran dengan cara komitmen dan taat pada perintah-perintah Allah SWT. dan sunnah Rasulullah SAW.
2. Menegakkan akidah tauhid, yakni bahwasannya Allah itu satu, tiada sekutu bagi-Nya, siapa saja yang menyekutukan-Nya ia telah kafir.
3. Menanamkan keteguhan keagamaan seseorang, sehingga seorang muslim bertakwa kepada Allah SWT. dan selalu merasa diawasi oleh-Nya, dengan cara selalu menjaga akidahnya.
4. Menyiapkan individu mampu mempraktekan ibadah, baik ibadah lisan ataupun perbuatan; berprilaku mulia; berakhlak sesuai akhlak Islam yang terpuji, sehingga ia bisa mengestapetkan ajaran Islam dengan mengajarkannya kepada yang lain; tujuan tertinggi dari pendidikan Islam ialah mengetahui dan berakhlak sesuai syari’at Islam hingga terwujud tujuan dunia maupun akhirat.

0 Response to "Artikel Bahasa Arab Tentang Pendidikan Islam Dan Artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel