3 Film Islam Terbaik Ini Mampu Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arabmu


Belajar berbahasa Arab tak melulu harus mengikuti les privat atau pembelajaran formal, apalagi di zaman teknologi seperti sekarang, kita harus cerdas dan cekatan. Banyak film-film Islam yang menggunakan bahasa Arab fusha asli yang sangat fasih, tentu hal ini menjadi kabar baik bagi kita pecinta bahasa Arab, karena hanya dengan tontonan yang selain membuat kita enjoy juga bisa hafal sejarah-sejarah Islam, kenabian dll. dan pastinya bisa dijadikan media dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab kita.

Seorang guru besar bahasa Arab saya pernah mengatakan, jika engkau ingin mengasah dzauq al-lughah atau rasa bahasamu, tontonlah berita-berita yang menggunakan bahasa Arab, bisa juga dari media cetak yakni koran-koran dan majalah-majalah berbahasa Arab, tetapi itu mesti  dibaca, yang notabene minat membaca agak kurang bila dibanding dengan tontonan visual, maka dengan tontonan inilah kita bisa mengasah dzauq lughah tersebutdan akhirnya akan semakin terbiasalah kita mendengar kalimat-kalimat bahasa Arab dari nathiqil ashliy atau penutur aslinya, ini juga akan meningkatkan kemampuan istima’ kita.



Mengenai  film-film berbahasa Arab, sekarang sudah banyak film-film yang punya kualitas tinggi, yakni selain enak ditonton akan menambah wawasan tentang keislaman dan tentu bisa dijadikan alat untuk mengasah kemampuan berbahasa Arab kita.

Dibawah ini daftar 3 film berbasa Arab fusha terbaik yang Admin susun, yang sangat direkomendasikan untuk didownload dan ditonton dengan penuh penghayatan:

1. Omar (Umar) bin Khattab

Film ini memiliki kualitas yang sangat epik yang menceritakan sejarah nabi Muhammad dan para sahabat yang fokus pada sosok Umar, film ini memiliki 30 episode dengan durasi 30 menitan per episode, awalnya terkesan sangat banyak, namun admin sendiri menonton film ini sampai habis dan selalu diulang-ulang, film ini punya magnet yang kuat, film yang sangat berkualitas baik dari sisi dekorasi, teknologi, skrip, musik dan para aktornya.

Meski tayangan film ini katanya menuai sebagian kontroversi karena memunculkan wajah-wajah tokoh sahabat, tetapi kita ambil sisi baiknya saja, dan menurut Admin ini film yang sangat direkomendasikan untuk menambah wawasan keislaman dan tentu media pembelajaran bahasa arab khususnya istima, karena film ini menggunakan bahasa fusha yang fasihat, jelas dan lugas.



2.  Ar-Risalah The Message

Film ini pun menggunakan arab fusha yang bagus seperti halnya film Omar, namun ini film yang agak jadul produksinya yakni tahun 1976, namun begitu ini film yang bagus karena dalam pembuatannya masa itu sudah mengerahkan berbagai teknologi yang dapat dinikmati.

3. Khalid Bin Waleed

Film ini menceritakan Khalid bin Walid yang masuk islam kala itu juga sejarah nabi dan sahabat, Khalid bin Walid adalah sosok yang gagah dan pemberani hingga dijuluki saifullah (pedang Allah), Rasul sangat bahagia dengan masuknya islamnya Khalid.

Film ini pun menggunakan Arab fusha yang bagus, oleh karenanya disarankan menonton dengan seksama sambil memaknai sejarah Islam yang penuh pengorbanan.

Demikian uraian mengenai 3 Film Islam Terbaik yang Mampu Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab, semoga membantu.

Baca juga: 10 Film Islam Terbaik Sepanjang Masa Paling Fenomenal

0 Response to "3 Film Islam Terbaik Ini Mampu Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arabmu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel