Pengertian Husnu At-Ta'lil Dan Contohnya Dalam Balaghah

Pengertian Husnu Ta'lil Dan Contohnya Dalam Balaghah

Husnu At-Ta'lil merupakan bagian dari Bab Keindahan-keindahan Maknawi dalam Ilmu Badi' bagian pembahasan ke 4 dari 7 pembahasan, yaitu:

1. Tauriyah
2. Thibaq
3. Muqabalah
4. Husnu At-Ta'lil
5. Ta’kid Al-Madh bima Yusybihu Adz-Dzam
6. Ta’kid Adz-Dzam bima Yusybihu Al-Madh
7. Uslub Al-Hakim


Dalam tulisan kali ini kita akan membahas Pengertian Husnu At-Ta'lil Dan Contohnya Dalam Balaghah.

Definisi Husnu At-Ta’lil ialah:
حُسْن التّعليل هو أنْ يُنكِر الأديبُ صَراحَةً أو ضِمْنا عِلّةَ الشّيء المعروفةَ، ويأتي بعلّة أدبيّة طَرِيفة تُناسِب الغرْض الّذي يَقصِد إليه.
Husnu at-ta’lil adalah seorang sastrawan yang ia mengingkari –secara terang-terangan atau terpendam- alasan yang telah dikenal umum bagi suatu peristiwa, dan sehubungan dengan itu ia mendatangkan alasan lain yang bernilai sastra dan lembut yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapainya.

Contoh:
Al-Ma’ari berkata dalam sebuah ratapannya:
ومـا كُلْفَـةُ البـدْر المنيـر قديمـةً # ولكنّهـا في وجهـه أثـرُ اللَّطَـمِ
Bintik-bintik-hitam-pada-bulan-purnama-yang-bercahaya-itu-bukan-ada-sejak-dulu; akan-tetapi, pada-muka-bulan-itu-ada-bekas-tamparan.

Penjelasan:
Penyair di atas sedang meratap dan dengan berlebihan, ia menyatakan bahwa kesedihan terhadap orang yang diratapi itu mencakup juga terhadap peristiwa-peristiwa alam. Oleh karenanya, ia menyatakan bahwa bintik-bintik hitam yang terlihat di permukaan bulan itu tidaklah muncul karena faktor alam, melainkan karena bekas tamparan oleh bulan itu sendiri, karena ia begitu sedih ditinggalkan oleh seseorang yang sedang diratapinya.

Demikian uraian mengenai pengertian husnut talil, contoh husnut talil dan penjelasan husnut talil dalam balaghah, semoga bermanfaat.

Baca juga:


Sumber: Kitab Al-Balaghah Al-Wadihah, karya ‘Ali Jarim dan Musthafa Amin

0 Response to "Pengertian Husnu At-Ta'lil Dan Contohnya Dalam Balaghah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel