MAKALAH KARAKTERISTIK BAHASA DAN FUNGSI BAHASA


BAB I
PENDAHULUAN

Linguistik merupakan salah satu mata kuliah yang khusus dipelajari oleh praktisi pendidikan bidang kebahasaan, baik bahasa arab, inggris, mandarin dan lain sebagainya, untuk mengetahui berbagai hal yang berkaitan dengan hakikat bahasa secara konprehensif ataupun secara khusus menurut bidang kajian bahasa yang menjadi konsentrasi pembelajaran.

Linguistik di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) mengkaji lebih detail berkaitan dengan asal mula, hakikat, karakteristik fungsi dan lain sebagainya terkait bahasa arab, tak dapat dipungkiri bahwa sebagai dosen ataupun mahasiswa bahasa arab hendak mengetahui bahkan memahami karakteristik dan fungsi bahasa yang sedang digelutinya sebagai bagian pelajaran yang menjadi konsentrasi dan orientasinya sebagai praktisi pendidikan bidang pengajaran bahasa Arab.

Akan menjadi hal yang tabu kala mahasiswa ataupun orang yang sudah atau akan terjun dikancah dunia pendidikan dibidang bahasa terlepas bahasa yang digelutinya, manakala tidak mengetahui karakteristik dan fungsi bahasa. Setidaknya ini menjadi pecutan untuk mengintropeksi diri bahwasannya ini harus dipersiapkan sedini mungkin, sebelum masuk kedunia pendidikan yang akan mengajarkan bahasa arab, akan menjadi pengajaran yang hambar kalau tanpa sebagai pengajar tidak memahami karakteristik dan fungsi bahasa yang diajarkannya pada peserta didik.

Disadari atau tidak, ini akan menjadi modal eksistensi dalam membangun kepercaya dirian seorang guru yang akan mengajarkan bahasa, hendak mulai menyadari akan pentingnya membuka paradigm dan pemahamannya terhadap kajian yang akan dibahas pemakalah pada makalah ini.


BAB II
KARAKTERISTIK BAHASA DAN FUNGSI BAHASA

A. Karakteristik Bahasa
Ada empat karakteristik bahasa menurut Charles F. Hockett yang dikutip oleh Orstein Gage tahun 1970 dalam bukunya “The ABC’s of Language and Linguistics” yaitu bahasa tidak dibatasi tempat dan waktu, bahasa bersifat produktif, bahasa berpola ganda dan transmisi budaya. Adapun Yale pada tahun 1985 mengemukakan enam karakteristik bahasa manusia selain yang empat tadi ditambah dengan kesemenaan dan keterpenggalan.

Berikut di bawah ini penjelasannya:
1. Tidak Dibatasi Tempat dan Waktu (Displacement) 
Bahasa pada manusia tidak hanya untuk kepentingan mengkomunikasikan apa-apa yang dialami pemakai bahasa dan yang terjadi pada saat sekarang atau berbagai peristiwa yang terjadi disekitar pemakai bahasa, tetapi bahasa juga dapat dipergunakan untuk mengomunikasikan pelbagai macam peristiwa atau kejadian yang dialami oleh orang lain baik peristiwa atau kejadian yang terjadi di masa lampau atau bahkan juga berbagai peristiwa atau kejadian yang mungkin akan terjadi di masa mendatang, hal itu bisa berupa khayalan atau imajinasi, bisa juga mimpi serta fakta-fakta yang lain baik yang mungkin atau mustahil mustahil bisa terjadi. Bahasa pada manusia tidak dibatasi oleh tempat dan waktu. 

2. Keproduktifan (Productiveness) 
Bahasa merupakan suatu sistem yang bersifat produktif. Amanat-amanat linguistik yang baru dapat dihasilkan dengan bebas dan gampang. Hal ini lebih disebabkan setiap orang, anak-anak, atau dewasa, memilki sifat aktif dalam membentuk dan menghasilkan bentuk-bentuk bahasa yang baru yang belum pernah didengar sebelumnya. Adanya objek-objek atau situasi-situasi baru yang harus dideskripsikan, membuat para pemakai bahasa mengolah berbagai sumber linguistik mereka untuk menghasilkan ungkapan-ungkapan, istilah-istilah, kata-kata, atau kalimat-kaliamat baru yang sebelumnya tidak ada. 

Sisi karakteristik keproduktifan dari bahasa manusia ini memungkinkan manusia bisa berkreasi dan memahami apa-apa yang belum pernah ia ucapkan dan dengarkan sebelumnya

3. Berpola Ganda (Duality) 
Bahasa terorganisasi dalam dua tingkat atau lapisan secara simultan. Karakteristik ini disebut berpola ganda atau artikulasi ganda. 
Pola ganda ini merupakan suatu karekteristik bahasa manusia yang paling ekonomis karena manusia dapat menghasilkan paduan bunyi yang tak terhingga sesuai tingkat kemampuannya.

4. Kesemenaan (Arbitrariness) 
Kesemenaan atau manasuka ialah ciri dari bahasa, yaitu bahwa antara bentuk linguistik dan maknanya tidak memiliki hubungan yang alami, seperti tempat duduk terbuat dari katu yang memiliki empat kaki dinamakan kursi, kenapa dinamakan kursi? Apakan antara bentuk dan nama ada hubungan, nah ini manasuka, bahasa dikreasi oleh masyarakat dan disepakati bersama

5. Keterpenggalan (Discreteness) 
Karakteristik keterpenggalan ini maksudnya ialah bahwa bunyi-bunyi yang digunakan dalam bahasa punya makna yang berbeda-beda
Misalnya perbedaan bunyi “p” dan “b” dalam proses menghasilkan sebenarnya tidak terlalau berbeda sama-sama bilabial, tetapi ketika bunyi itu digunakan dalam satu bahasa maka bunyi-bunyi itu menjadi bermakna sendiri-sendiri. Inilah maksud dari bahasa karakteristiknya keterpenggalan, yakni setiap bunyi-bunyi bahasa dianggap terpenggal. 

6. Transmisi Budaya (Cultural Transmission) 
Krakteristik ini maksudnya bahwa dalam berbahasa tidak ada kaitan sama sekali dengan gen orang tua, kalau dalam fisik bisa saja seorang anak akan mewarisi gen orang tuanya tetapi dalam berbahasa tidak.



B. Karakteristik Bahasa Arab
1. Karakteristik Umum Bahasa Arab
bahasa arab punya karakter yang unik dan universal, unik maksudnya bahasa arab punya kekhasan yang bisa membedakan dengan bahasa lainnya, sedang universal maksudnya bahwa bahasa arab punya sisi kesamaan nilai dengan bahasa lainnya
karakter keuniversalitasan bahasa arab dijelaskan di bawah ini:

1.      Bahasa Arab memiliki ragam bahasa, yaitu:
-            Ragam sosial atau sosiolek, maksudnya ragam bahasa yang menunjukan terhadap stratifikasi sosial ekonomi penuturnya
-            ragam geografis, maksudnya ragam bahasa yang menunjukan terhadap letak geografis penutur antara satu daerah dengan daerah lain sehingga melahirkan dialek yang beragam
-            ragam idiolek, maksudnya ragam bahasa yang menunjukan integritas kepribadian setiap individu masyarakat.

2.      Bahasa Arab bisa diekspresikan baik secara lisan ataupun tulisan.
3.      Bahasa arab mempunyai aturan, perangkat dan sistem tertentu, diantaranya:
-          Sistemik
-          Sistematis
-          Komplit
4.      Bahasa arab mempunyai sifat arbitrer dan simbolis.
5.      Bahasa arab mempunyai potensi untuk berkembang, kreatif dan produktif.

6.      Bahasa arab merupakan fenomena individu dan sosial.

Download file makalah lengkapnya DISINI

0 Response to "MAKALAH KARAKTERISTIK BAHASA DAN FUNGSI BAHASA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel